Harahap, Rofiqoh Hasan (2013) EFEK MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBASIS PETA KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106175016 Judul.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2. 8106175016 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (769kB) | Preview
3. 8106175016 Abstrak.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
4.8106175016 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
5. 8106175016 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
6. 8106175016 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
7. 8106175016 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
8. 8106175016 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
9. 8106175016 Bab I.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
10. 8106175016 Bab V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
11. 8106175016 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa di antara model pembelajaran advance organizer berbasis peta konsep dan model pembelajaran advance organizer tanpa berbasis peta konsep. (2) Mengetahui hasil belajar fisika antara siswa yang mempunyai aktivitas belajar tinggi dan aktivitas belajar rendah. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Sunggal Semester I T.P 2012/2013. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan jumlah sampel 74 orang yang ditentukan dengan cluster random sampling, yaitu X-1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran advance organizer berbasis peta konsep sebanyak 38 orang dan X-2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran advance organizer tanpa berbasis peta konsep sebanyak 36 orang. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan observasi aktivitas. Uji persyaratan telah dilakukan berupa normalitas dan homogenitas, yang diperoleh hasil bahwa data normal dan homogen. Hipotesis dianalisis menggunakan GLM pada taraf signifikan 0,05 dengan bantuan SPSS 17.0 for windows. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh bahwa : (1) Model pembelajaran advance organizer berbasis peta konsep lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa daripada model pembelajaran advance organizer tanpa berbasis peta konsep. (2) Hasil belajar fisika siswa yang mempunyai aktivitas belajar tinggi lebih baik dibanding dengan siswa yang mempunyai aktivitas belajar rendah. Berdasarkan analisis ini juga terdapat interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Har e |
Keywords: | Fisika; Advance organizer; Peta konsep; Aktivitas belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 May 2016 01:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3869 |