Lubis, Retnita Ernayani (2012) ANALISIS KOMPETENSI GURU BIOLOGI SMA YANG SUDAH LULUS SERTIFIKASI DI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106173012 Judul.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
2. 8106173012 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
3. 8106173012 Abstrak.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
4. 8106173012 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
5. 8106173012 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
6. 8106173012 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. 8106173012 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8. 8106173012 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. 8106173012 Bab I.pdf - Published Version
Download (687kB) | Preview
10. 8106173012 Bab V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
11. 8106173012 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat kompetensi profesional, kepribadian, sosial, dan pedagogik guru biologi yang sudah lulus sertifikasi sesuai dengan Permendiknas No. 16 Tahun 2007. Sebanyak 224 orang guru biologi yang sudah lulus sertifikasi di Kota Medan menjadi populasi dalam penelitian ini. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi, lembar penilaian RPP, lembar perangkat penilaian siswa, angket guru dan angket siswa terhadap delapan orang guru biologi. Dalam penelitian ini data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional, kompetensi pedagiogik, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial guru biologi sudah sesuai dengan Permendiknas No. 16 Tahun 2007.Pada dasarnya guru biologi sudah dapat menyusun RPP dengan baik, nilai rata-rata total RPP guru biologi SMA pada aspek penilaian X ̅ (2.81±1.33). Selain itu, nilai rata-rata aspek penilaian tertinggi X ̅ (4.29±0.76) pada aspek penilaian perumusan masalah dan nilai rata-rata aspek penilaian terendah X ̅ (1.86±1.07) pada aspek penilaian kerincian skenario pembelajaran. Selain itu, dalam perangkat penilaian siswa nilai rata-rata total aspek penilaian X ̅ (3.02±1.29). Selain itu, nilai rata-rata perangkat penilaian siswa pada aspek penilaian tertinggi X ̅ (4.00±1.26) pada aspek penilaian perumusan setiap butir sial menggunakan kata-kata/kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda dan nilai rata-rata aspek penilaian terendah X ̅ (1.33±0.51) pada aspek penilaian kejelasan kriteria penilaian yang diuraikan pada perangkat penilaian. Hasil observasi pembelajaran di kelas menunjukkan nilai rata-rata total guru biologi pada aspek penilaian X ̅ (3.60±1.13). Selain itu, nilai rata-rata aspek penilaian tertinggi X ̅ (4.25±1.38) pada aspek penilaian pra-pembelajaran dan nilai rata-rata aspek penilaian terendah X ̅ (3.00±1.06) pada aspek penilaian penilaian proses dan hasil belajar dan X ̅ (3.00±1.30) pada aspek penilaian penutup pembelajaran. Hasil penilaian teman sejawat menunjukkan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru biologi yang sudah lulus sertifikasi sudah baik, dan pada angket siswa menunjukkan hasil yang baik juga. Pada kompetensi kepribadian nilai rata-rata total aspek penilaian X ̅ (4.11±0.50) pada angket guru, dan kompetensi sosial nilai rata-rata total aspek penilaian X ̅ (4.01±0.51) pada angket guru. Studi ini berimplikasi pada pentingnya pembinaan berkesinambungan terhadap para guru biologi yang sudah bersertifikasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 Lub a |
Keywords: | Biologi; Kompetensi; Sertifikasi; Kinerja guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 May 2016 00:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3864 |