Khuzaimah, Ninda (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SD SWASTA SALSA DESA CINTA RAKYAT T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1153311056_COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 1153311056_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
3. NIM. 1153311056_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4. NIM. 1153311056_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
5. NIM. 1153311056_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
6. NIM. 1153311056_BAB I.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
10. NIM. 1153311056_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
11. NIM. 1153311056_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas
IV-A SD Swasta Salsa Desa Cinta Rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran
Think Talk Write (TTW) pada Tema “Indahnya Kebersamaan” Subtema “Sifatsifat
Bunyi” dengan kompetensi dasar IPA: Menerapkan sifat-sifat bunyi dan
keterkaitannya dengan indera pendengaran. Melaporkan hasil pengamatan tentang
Sifat-sifat Bunyi di Kelas IV SD Swasta Salsa Desa Cinta Rakyat T.A 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
dilaksanakan di SD Swasta Salsa Desa Cinta Rakyat di kelas IV-A pada semester
ganjil Tahun Ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 26 orang yang terdiri dari 12
siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan soal tes berupa
pilihan berganda dan observasi, lembar observasi yang digunakan adalah lembar
observasi guru. Penelitian ini terdiri dari tahap awal (Pre Tes) dan dua siklus yaitu
siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu:
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pre-tes dari 26 orang
siswa diperoleh hasil sebanyak 11 siswa (42,31%) mendapat nilai tuntas dan
sebanyak 15 siswa (57,69%) belum tuntas dengan nilai rata-rata 53,65. Setelah
dilaksanakannya siklus I diperoleh hasil sebanyak 15 siswa (57,69%) mendapat
nilai tuntas dan sebanyak 11 siswa (42,31%) belum mendapat nilai tuntas dengan
nilai rata-rata 61,15. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan secara klasikal
sebanyak 22 siswa (84,62%) dan sebanyak 4 (15,38%) belum mendapat nilai
tuntas dengan nilai rata-rata 72,28. Hasil observasi kegiatan mengajar guru
diperoleh pada siklus I pertemuan pertama dengan nilai rata-rata sebesar 66,66%
(kurang) dan pada pertemuan ke dua sebesar 75% (cukup) dan pada siklus II
pertemuan pertama dengan rata-rata nilai sebesar 83,33% (baik) dan pada
pertemuan ke dua sebesar 91,66% (sangat tinggi).
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan
model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar
siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan di kelas IV-A SD Swasta Salsa Desa
Cinta Rakyat T.A 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 PGSD 001 |
Keywords: | hasil belajar; model pembelajaran; Think Talk Write; tematik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 04 Mar 2020 08:54 |
Last Modified: | 21 Apr 2020 02:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38609 |