NINGSIH, WATI (2020) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI DI KELAS IV SDN 028228 BINJAI SELATAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311083_COVER.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
2. NIM. 1133311083_LEMBAR PERSETUJUAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
3. NIM. 1133311083_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 1133311083_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
5. NIM. 1133311083_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM. 1133311083_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM.1133311083_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
8. NIM. 1133311083_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
9. NIM. 1133311083_BAB I.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
13. NIM. 1133311083_BAB V.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
14. NIM. 1133311083_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa
kelas IV SDN 028228 Binjai Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Group
Investigation pada Tema Selalu Berhemat Energi Sub Tema 1 Sumber Energi di
Kelas IV SDN 028228 Binjai Selatan T.A 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek
penelitian siswa kelas IV SDN 028228 Binjai Selatan yang berjumlah 30 orang
siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Pelaksanaan PTK
dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing siklus
terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi
yang digunakan untuk mengumpulkan data minat belajar siswa melalui
pengamatan terhadap perilaku siswa dalam proses pembelajaran,dan angket yang
digunakan untuk mengumpulkan data minat belajar siswa melalui pernyataan
ataupun pertanyaan tertulis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata minat belajar siswa
pada siklus I pertemuan I yaitu 10,00% dan meningkat pada pertemuan II menjadi
40,00%. Pada siklus II pertemuan I diperoleh 83,00% dan meningkat menjadi
100% pada siklus II pertemuan II. Presentase hasil minat belajar siswa secara
klasikal pada siklus I berjumlah21 orang siswa 70,00% masuk kategori terampil,
selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 27 orang siswa
90,00%. Hasil observasi kegiatan mengajar guru pada siklus I pertemuan I yaitu
51,19% dan mengalami peningkatan pada pertemuan II menjadi 66,66%. Pada
siklus II pertemuan I hasil observasi kegiatan mengajar guru meningkat menjadi
79,19% dan pertemuan II meningkat menjadi 86,90%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan
minat belajar siswa di kelas IV SDN 028228 Binjai Selatan T.A 2019/2020. Maka
dari itu, diharapkan kepada setiap guru untuk mengembangkan kemampuan dan
pemahaman dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang
diajarkan sehingga siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 PGSD 006 |
Keywords: | Meningkatkan minat belajar , model pembelajaran, group investigation |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 04 Mar 2020 08:54 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 04:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38602 |