Widarta, Fajar Okta (2012) PENGARUH PENERAPAN MEDIA DAN TEKNIK PETA KONSEP PADA STRATEGI PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI, RETENSI, DAN PERSEPSI SISWA SMP NEGERI 2 KABUPATEN ACEH TAMIANG. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106173026 Judul.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2. 8106173026 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (562kB) | Preview
3. 8106173026 Abstrak.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
4. 8106173026 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. 8106173026 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
6. 8106173026 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
7. 8106173026 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
8. 8106173026 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
9. 8106173026 Bab I.pdf - Published Version
Download (597kB) | Preview
10. 8106173026 Bab V.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
11. 8106173026 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan: (1) Hasil belajar biologi, retensi, dan persepsi siswa yang dibelajarkan dengan strategi advance organizer menggunakan teknik peta konsep dengan siswa yang dibelajarkan tanpa teknik peta konsep; (2) Hasil belajar biologi, retensi, dan persepsi siswa yang dibelajarkan dengan strategi advance organizer menggunakan media film dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan video camtasia; (3) Hasil belajar biologi, retensi, dan persepsi siswa yang dibelajarkan dengan strategi advance organizer menggunakan media film dan teknik peta konsep dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan media film tanpa teknik peta konsep, menggunakan video camtasia dan teknik peta konsep, dan menggunakan video camtasia tanpa teknik peta konsep. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kabupaten Aceh Tamiang, sebanyak enam kelas. Sampel penelitian sebanyak empat kelas. Teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan analysis of covarians (ANACOVA). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar biologi yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan menggunakan teknik peta konsep dengan siswa yang dibelajarkan tanpa teknik peta konsep (p = 0,005 < 0,05), namun tidak berbeda untuk retensi dan persepsi siswa (p = 0,899 dan p = 0,435); (2) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar biologi dan persepsi antara siswa yang dibelajarkan menggunakan media film dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan video camtasia (p = 0,231 dan p = 0,323), namun berbeda signifikan untuk retensi siswa (p = 0,001 < 0,05); (3) Hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan strategi advance organizer menggunakan media film dan teknik peta konsep, media film tanpa teknik peta konsep, video camtasia dan teknik peta konsep, dan video camtasia tanpa teknik peta konsep berbeda signifikan (p = 0,022 < 0,05), namun tidak berbeda untuk retensi dan persepsi siswa (p = 0,053 dan p = 0,475). Berbagai model strategi advance organizer dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar biologi, retensi, dan persepsi siswa dalam belajar biologi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 Wid p |
Keywords: | Biologi; Peta konsep; Advance organizer; Retensi; Persepsi; Film; Camtasia studio; Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 05 May 2016 23:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3860 |