Gunarno (2012) PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MELALUI KEGIATAN LESSON STUDY BERBASIS MGMP DI MADRASAH TSANAWIYAH SE-KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 809745007 Judul.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
2. 809745007 Lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (794kB) | Preview
3. 809745007 Abstrak.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. 809745007 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
5. 809745007 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
6. 809745007 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
7. 809745007 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
8. 809745007 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
9. 809745007 Bab I.pdf - Published Version
Download (628kB) | Preview
10. 809745007 Bab V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
11. 809745007 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
Abstract
Penelitian tindakan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan kompetensi pedagogik guru IPA MTs se-Kota Binjai dengan adanya kegiatan lesson study berbasis MGMP; (2) berapa peningkatan kompetensi pedagogik guru IPA MTs se-Kota Binjai dengan adanya kegiatan lesson study berbasis MGMP. Sebanyak 15 guru IPA MTs yang tersebar pada 10 MTs di Kota Binjai yang juga sebagai anggota MGMP terlibat sebagai sampel penelitian. Pelaksanaan penelitian tindakan ini terdiri dari dua siklus, dimana siklus I melaksanakan lesson study berbasis MGMP yang menekankan pada pemilihan model pembelajaran dan siklus II melaksanakan lesson study berbasis MGMP yang menekankan pada pengunaan media/sumber pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan sebanyak tiga kali, yaitu: pratindakan, setelah tindakan I, dan setelah tindakan II. Data diperoleh melalui dokumentasi, observasi, dan angket kemudian dianalisis menggunakan analisis persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru memiliki kategori kompeten dengan persentase ketercapaian sebesar 64,74% pada pratindakan, 73,40% setelah tindakan I, 78,41% setelah tindakan II. Persentase jumlah guru menurut tingkat kategori kompetensi pada saat pratindakan 6,67% sangat kompeten, 66,67% kompeten, dan 26,67% cukup kompeten. Pada saat tindakan I 26,67% sangat kompeten, 53,33% kompeten, dan 20% cukup kompeten. Pada saat tindakan II 33,33% sangat kompeten dan 66,67 kompeten. Sedangkan dari 10 kompetensi inti pedagogik pada saat pratindakan terdapat lima kompetensi inti pedagogik belum mencapai kategori kompeten, setelah tindakan I hanya satu kompetensi inti pedagogik, dan setelah tindakan II seluruh kompetensi inti pedagogik telah mencapai kategori kompeten. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan lesson study berbasis MGMP meningkatkan kompetensi pedagogik guru IPA MTs se-Kota Binjai. Besar peningkatan persentase ketercapaian kompetensi pedagogik guru rata-rata sebesar 6,33%. Implikasinya melalui kegiatan lesson study berbasis MGMP guru IPA MTs belajar dari realita pembelajaran siswa dalam kelas nyata yang dapat meningkatkan kompetensi pedagogik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 Gun p |
Keywords: | Biologi; Kompetensi pedagogik; Lesson study; Ilmu Pengetahuan Alam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 05 May 2016 23:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3858 |