Angkat, Anni (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS, SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG EKOLOGI DI SMK NEGERI PENANGGALAN KOTA SUBULUSSALAM. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106173022 Judul.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
2. 8106173022 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (707kB) | Preview
3. 8106173022 Abstrak.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
4. 8106173022 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. 8106173022 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. 8106173022 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
7. 8106173022 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
8. 8106173022 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
9. 8106173022 Bab I.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
10. 8106173022 Bab V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
11. 8106173022 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran terhadap: (1) keterampilan proses sains, (2) sikap ilmiah dan (3) hasil belajar siswa pada materi ekologi di kelas XII SMK Negeri 1 Penanggalan Kota Subulussalam. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling. Kelas A dibelajarkan dengan strategi pembelajaran problem based learning, kelas B dengan strategi pembelajaran group investigation, sedangkan kelas C (control) dengan strategi pembelajaran tradisional. Instrumen penelitian menggunakan tes keterampilan proses sains dalam bentuk uraian, lembar observasi keterampilan proses sains, angket sikap ilmiah, dan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan Analisis Covariat (ANACOVA) pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan bantuan SPSS 19.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran terhadap keterampilan proses sain (F= 48,55; P=0,00). Keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan strategi problem based learning (PBL) (79,19±7,84) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan strategi group investigation (73,19±7,31), maupun strategi tradisional (60,35±5,30); (2) ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran terhadap sikap ilmiah siswa (F= 31, 208; P=0.00). Sikap ilmiah siswa yang dibelajarkan dengan strategi problem based learning (PBL) (77,38±5,95) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan strategi group investigation (75,31±6,98), maupun strategi tradisional (65,38±7,32); (3) ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran terhadap hasil belajar siswa (F= 60,18; P=0.00). Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi problem based learning (PBL) (75,15±8,07) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan strategi group investigation (64,88±8,20), maupun strategi tradisional (59,88±8,45). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan strategi problem based learning (PBL) pada materi ekologi dalam upaya meningkatkan keterampilan proses sains, sikap ilmiah dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 577.071 Ang p |
Keywords: | Ekologi; Biologi; Sikap ilmiah; Keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 05 May 2016 09:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3852 |