Nasution, Romi Halim PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN PEMBELAJARAN BERBASIS IT DAN ICT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMK NEGERI 1 SIBOLGA. Masters thesis, UNIMED.
1. 809173038 Judul.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. 809173038 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
3. 809173038 Abstrak.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4. 809173038 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. 809173038 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
6. 809173038 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
7. 809173038 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
8. 809173038 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
9. 809173038 Bab I.pdf - Published Version
Download (580kB) | Preview
10. 809173038 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, kemampuan berpikir kritis, dan hubungan hasil belajar dengan kemampuan berpikir kritis siswa tentang materi pencemaran lingkungan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional dan STAD, serta penggunaan media charta dan media camtasia di SMK Negeri 1 Sibolga. Metode penelitian dan metode eksperimen dengan sempel penelitian sebanyak 4 kelas yang ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling yaitu; (A) Kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran tradisional dan media charta; (B) Kelas yang dibelajarkan dengan model tradisional dan media camtasia; (C) Kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD dan media charta; dan (D) Kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD dan media camtasia. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir kritis siswa sebanyak 15 soal; tes hasil belajar sebanyak 35 soal dalam bentuk pilihan berganda yang telah diuji validitas, realibilitas, dan daya beda. Teknik analisis menggunakan uji t atau two sample t-test dengan bantuan program SPSS 19.0 dan SYSTAT 12.0. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Dari data menunjukkan bahwa pada hasil belajar IPA siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sibolga diperoleh rentang nilai tertinggi 94,00 dan nilai terendah 47,00, dengan nilai rata-rata pretes 73,67 ± 13,45. Hasil data postes diperoleh rentang nilai tertinggi 100,00 dan nilai terendah 54,00, dengan nilai rata-rata postes 76,07 ± 11,85. Hasil pengujian normalitas dengan uji Kolomogorov-Smirnov dinyatakan bahwa dan uji homogenitas data dengan uji levenes diperoleh data hasil belajar IPA siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sibolga juga berdistribusi normal (Z = 1,64; Sig . = 0,094); (2) Dari data menunjukkan bahwa pada kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sibolga diperoleh rentang nilai tertinggi 69,00 dan nilai terendah 9,00, dengan nilai rata-rata pretes 39,36 ± 21,62. Hasil data postes diperoleh rentang nilai tertinggi 88,00 dan nilai terendah 8,00, dengan nilai rata-rata postes 44,06 ± 18,75 (tabel 4.1.). Hasil pengujian normalitas dengan uji Kolomogorov-Smirnov dinyatakan bahwa dan uji homogenitas data dengan uji levenes diperoleh data kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sibolga juga berdistribusi normal (Z = 2,49; Sig . = 0,081). Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa data-data penelitian yang diperoleh telah memenuhi prasyarat pengujian hipotesis menggunakan statistik parametrik, dalam hal ini analisis uji t (Independent Samples T Test).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 05 May 2016 08:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3851 |