PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIII SMP METHODIST 12 MEDAN

Napitupulu, Putri Dewita (2019) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIII SMP METHODIST 12 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8176192026 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8176192026 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8176192026 PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8176192026 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8176192026 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8176192026 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8176192026 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8176192026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8176192026 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8176192026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8176192026 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8176192026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8176192026 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8176192026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8176192026 BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8176192026 BAB I.pdf - Published Version

Download (532kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 8176192026 BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 8176192026 BAB V.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8176192026 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8176192026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan
model pengembangan 4-D. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses
pengembangan model pembelajaran berbasis masalah pada materi menulis teks
eksposisi pada siswa kelas VIII SMP Methodist 12 Medan, untuk mengetahui
hasil validasi model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan pada
materi menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII SMP Methodist 12 Medan,
dan untuk mengetahui hasil belajar menerapkan model pembelajaran berbasis
masalah yang dikembangkan pada materi menulis teks eksposisi pada siswa kelas
VIII SMP Methodist 12 Medan. Penelitian pengembangan ini disusun berdasarkan
model penelitian pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang
terdiri atas empat tahapan yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design),
Pengembangan (Develop), dan Penyebarluasan (Disseminate). Dalam penelitian
ini, pengembangan model pembelajaran berbasis masalah pada tahap
penyebarannya dilakukan secara terbatas di SMP Methodist 12 Medan melalui
beberapa validasi dari para validator. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VIII-A dan VIII-B SMP Methodist 12 Medan dengan uji coba terbatas dan
diperluas dari kelompok kecil ke kelompok besar. Instrumen yang digunakan
untuk menjaring data adalah angket, wawancara, lembar pengamatan aktivitas
siswa, dan tes. Alat pengumpulan data berupa angket yang menggunakan skala
Likert. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif kualitatif. Hasil
uji coba penelitian ini diperoleh kualitas desain pembelajaran dari teman sejawat
bernilai 80% berada pada rentang skor 75% ≤ X ≤ 100% dengan kriteria sangat
baik (SB). Kualitas materi ajar sebesar 79,29% dengan kriteria sangat baik (SB).
Setelah dilakukan perbaikan dan revisi, desain dan materi ajar diperiksa kembali
oleh ahli desain yang merupakan dosen pada Perguruan Tinggi dengan hasil
88,00%, kriteria sangat baik (SB) dan 97,26% untuk materi ajar dengan kriteria
sangat baik (SB). Untuk respon siswa diperoleh skor sebesar 81,55% dengan
kriteria sangat baik (SB). Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dapat
dilihat dalam bentuk tabel yang disajikan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa
pengembangan ini layak digunakan sebagai salah satu strategi pembelajaran di
kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 410.711 Nap p
Keywords: Pengembangan, Pembelajaran Berbasis Masalah, Teks Eksposisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 Feb 2020 03:02
Last Modified: 27 Feb 2020 03:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38502

Actions (login required)

View Item
View Item