Hutasuhut, Ismi Aulia Rizki (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS EKSPLANASI BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176192016 COVER. pdf.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
2. NIM. 8176192016 APPROVAL SHEET. pdf.pdf - Published Version
Download (778kB) | Preview
3. NIM. 8176192016 ABSTRACT. pdf.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
4. NIM. 8176192016 PREFACE. pdf.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
5. NIM. 8176192016 TABLE OF CONTENT . pdf.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
6. NIM. 8176192016 TABLES. pdf.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
7. NIM. 8176192016 ILLUSTRATION. pdf.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
8. NIM. 8176192016 APPENDICES. pdf.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
9. NIM. 8176192016 CHAPTER I. pdf.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
13. NIM. 8176192016 CHAPTER V. pdf.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
14. NIM. 8176192016 BIBLIOGRAPHY. pdf.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan bahan
ajar teks eksplanasi berbasis multiple intelligences, (2) mendeskripsikan
kelayakan bahan ajar teks eksplanasi berbasis multiple intelligences dan (3)
mendeskripsikan keefektifan bahan ajar teks eksplanasi berbasis multiple
intelligences. Penelitian ini dilakukan di kelas XI SMK Negeri 1
Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian
pengembangan Research and Development yang merujuk pada model Borg and
Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan bahan ajar
dilakukan dengan tiga tahapan yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk
dan uji coba. Berdasarkan analisis kebutuhan diperoleh data 100% guru dan siswa
membutuhkan bahan ajar lain dalam pembelajaran teks eksplanasi, pengembangan
produk dilakukan dengan validasi ahli dan materi, dan uji coba produk perorangan
memperoleh skor 88,89 dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil
memperoleh skor 92,75 dengan kategori sangat baik serta uji coba lapangan
terbatas memperoleh skor 94,75 dengan kategori sangat baik. (2) bahan ajar
dinyatakan layak dengan persentase kelayakan isi 84,56%, kelayakan penyajian
94,23%, penilaian bahasa 93,27%, kelayakan aspek multiple intelligences 96,88
dan penilaian kegrafikan 84,17%. (3) bahan ajar dinyatakan efektif untuk
digunakan pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Padangsidimpuan dengan rata-rata
hasil belajar pretes 60,63 dan postes 80,94. Hasil penelitian ini membuktikan
bahwa bahan ajar teks eksplanasi berbasis multiple intelligences layak, mudah
dan efektif digunakan pada pembelajaran di kelas XI SMK.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.711 Hut p |
Keywords: | pengembangan bahan ajar, teks eksplanasi, multiple intelligences |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Feb 2020 02:49 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 02:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38500 |