Siregar, Riky Gunawan (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH CS 5 PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KELAS XI SMA NEGERI 1 PADANG BOLAK. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176191010 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 8176191010 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
3. NIM 8176191010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM 8176191010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
5. NIM 8176191010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM 8176191010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM 8176191010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
8. NIM 8176191010 BAB I.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
12. NIM 8176191010 BAB V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
13. NIM 8176191010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan Media
Pembelajaran Adobe Flash CS5 pada Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan berdasarkan model
pengembangan 4-D. Penelitian ini terbentuk dari ahli desain, ahli materi, guru
bahasa Indonesia, dan Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padang Bolak. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa (1) validasi dari ahli materi meliputi kelayakan isi
sebesar 86,5% kategori baik, kelayakan penyajian adobe flash CS5 88,5%
kategori baik, aspek adobe flash CS5 87,5% kategori baik, aspek penilaian bahasa
90% kategori sangat baik, (2) validasi ahli desain meliputi desain awal 85,7%
dengan kategori baik, desain isi 82,1% kategori baik, tipografi adobe flash CS5
79,1% kategi baik, dan ilustrasi isi 79,1% kategori baik. (3) uji coba terbatas
memperoleh skor 81,4% dengan kriteria baik (4) Uji coba diperluas memperoleh
skor 80,4% kategori baik. Hasil belajar memproduksi teks eksplanasi sebelum
menggunakan adobe flash CS5 memperoleh 68,7 sedangkan hasil belajar
memproduksi teks adobe flash CS5 menggunakan adobe flash CS5 memperoleh
81. Selisih yang diperoleh 12 dari sebelum dan sesudah menggunakan adobe flash
CS5. Penelitian ini memiliki implikasi yaitu adobe flash CS5 yang dikembangkan
akan memberi sumbangan praktis terutama dalam pelaksaan proses pembelajaran
bagi guru sebagai media pembelajaran tambahan untuk memberi kemudahan pada
materi yang sedang diajarkan dapat mandiri maupun klasikal. Selanjutnya bagi
siswa dapat meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya dalam kegiatan
menulis teks eksplanasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.711 Sir p |
Keywords: | adobe flash CS5, teks eksplanasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Feb 2020 02:37 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 02:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38498 |