Pakpahan, Septia Armayanti (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAP sTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK VIRUS DI KELAS X SMA SWASTA PRAYATNA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133341049 COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2. NIM 4133341049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
3. NIM 4133341049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4. NIM 4133341049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
5. NIM 4133341049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
6. NIM 4133341049 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM 4133341049 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8. NIM 4133341049 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM 4133341049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
13. NIM 4133341049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 4133341049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran Mind map terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Virus di
kelas X SMA Swasta Prayatna Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi
dalam penelitian ini adalah kelas X Mia sebanyak 6 kelas dan Sampel acak
(random sampling) yaitu kelas X Mia1 untuk kelas eksperimen menggunakan
model pembelajaran Mind map dengan jumlah siswa 38 orang, kelas X Mia2 untuk
kelas kontrol menggunakan model konvensional dengan jumlah siswa 38 orang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Instrument yang digunakan
untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah soal dalam bentuk pilihan berganda
sebanyak 30 soal yang telah divalidkan terlebih dahulu. Dari hasil analisis data
diproleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen Mind map 71,61: SD 5,96
dan kelas kontrol 54.18: SD 8,34 dan dilakukan uji t dengan pada taraf signifikan
= 0,05. Secara statistik diproleh thitung < ttabel (0,0042 < 1,99392), sehingga Ho
ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa ada
pengaruh penerapan model pembelajaran Mind map terhadap hasil belajar siswa
pada materi pokok virus di kelas X Mia SMA Swasta Prayatna Medan Tahun
Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2018-BIO-005 |
Keywords: | pengaruh;hasil belajar;Mind map |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QR Microbiology > QR75 Bacteria |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 Feb 2020 04:16 |
Last Modified: | 18 Feb 2020 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38468 |