SIMANJUNTAK, CHANDRA MARTIAN (2020) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XII JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7163142008 COVER.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
2. NIM. 7163142008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 7163142008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4. NIM. 7163142008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
5. NIM. 7163142008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM. 7163142008 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM. 7163142008 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
8. NIM. 7163142008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM. 7163142008 CHAPTHER I.pdf - Published Version
Download (579kB) | Preview
13. NIM. 7163142008 CHAPTHER V.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
14. NIM. 7163142008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya Prestasi Belajar akuntansi keuangan siswa kelas XII Akuntansi SMKN 7 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan siswa kelas XII Akuntansi SMKN 7 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 7 Medan yang beralamat di Jalan STM No. 12 E, Sitirejo II, Kec. Medan Amplas. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Akuntansi sebanyak 205 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 136 siswa, dimana pengambilan sampel Simple Random Sampling dengan teknik acak. Pengumpulan dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan realiabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 21.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 22,187 + 0,569X1 + 0,196 X2,. Berdasarkan model regresi tersebut diperoleh nilai koefisien kecerdasan emosional (b1) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila kecerdasan emosional (X1) mengalami kenaikan, maka prestasi belajar akuntansi keuangan sisiwa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variable bebas lainnya bernilai tetap. Begitu juga halnya nilai koefisien minat belajar (b2) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila minat belajar siswa (X2) mengalami kenaikan, maka prestasi belajar akuntansi keuangan siswa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variable bebas lainnya bernilai tetap.
Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan dengan nilai thitung sebesar 7,136 > 1,977 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05. Minat belajar juga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan dengan nilai nilai thitung sebesar 3,230 > 1,977 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,020<0,05. Selanjutnya kecerdasan emosional dan minat belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan dengan nilai Fhitung sebesar 112,994 > 3,06 Ftabel dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 <0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 62,4%, sedangkan 37,6% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 AKT 001 |
Keywords: | Kecerdasan Emosional, Minat Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:45 |
Last Modified: | 11 Mar 2020 04:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38441 |