RIZALDI, EKAL JAZMAN (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA KELAS XI SMK NEGERI 7 MEDAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 6141111022 COVER.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2. 6141111022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
3. 6141111022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
4. 6141111022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
5. 6141111022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
6. 6141111022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
7. 6141111022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
8. 6141111022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
9. 6141111022 BAB I.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
13. 6141111022 BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. 6141111022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dribbling bola basket pada siswa kelas XI SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2018/2019, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 32 orang, putra 10 orang dan putri 22 orang. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang berbentuk portofolio, dan dilanjutkan dengan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik dan variasi pembelajaran. Setelah menerapkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifi dan variasi pembelajaran maka diadakan tes hasil belajar pada siklus I dan siklus II yang berbentuk teknik belajar menggiring bola dengan kaki bagian luar dalam permainan sepakbola.
Berdasarkan hasil Data awal pada siswa kelas XI SMK Negeri 7 Medan. Dari 32 siswa terdapat 8 siswa (25%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar. Hasil dari siklus I terdapat 17 siswa (53,12%) dari 32 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar. Pada siklus II terdapat 28 siswa (87,50%) dari 32 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar. Pada siklus II siswa dapat dribbling bola basket dengan baik dari sikap persiapan hingga sikap akhir.
Sehingga penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan saintifik dan variasi pembelajaran memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dribbling bola basket pada siswa kelas XI SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 PJKR 005 |
Keywords: | Bola Basket |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:43 |
Last Modified: | 13 Feb 2020 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38396 |