JOHAN, T.M PUTRA BACHDAR (2020) PENGARUH EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IIS SMAN 2 SERUWAY KABUPATEN ACEH TAMIANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 3141131042 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. 3141131042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
3. 3141131042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4. 3141131042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
5. 3141131042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. 3141131042 TABLES.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
7. 3141131042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
8. 3141131042 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
9. 3141131042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
13. 3141131042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (626kB) | Preview
15. 3141131042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Pengaruh Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Geogrrafi Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 2 Seruway Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas penggunaan media pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar geografi dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran dengan hasil belajar siswa tanpa menggunakan media pembelajaran pada siswa kelas XI IIS SMAN 2 Seruway Kabupaten Aceh Tamiang.
Penelitian dilaksanakan dengan cara observasi dan wawancara, bersifat deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan kuisioner. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rerata siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran sebesar 60,32 dan nilai rerata siswa yang menggunakan media pembelajaran sebesar 78,04 dengan nilai kepercayaan sebesar 74%. Sedangkan nilai sebaran keefektifan media pembelajaran rata-rata sebesar 40,02 termasuk ke dalam kategori efektif tinggi yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 GEO 008 |
Keywords: | Efektifitas, Media Pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:43 |
Last Modified: | 13 Feb 2020 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38394 |