Kartika, Maya Sari (2013) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH KARYA INOVATIF MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106122069 Judul.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
2. 8106122069 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
3. 8106122069 Abstrak.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
4. 8106122069 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
6. 8106122069 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
5. 8106122069 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
7. 8106122069 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
8. 8106122069 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
9. 8106122069 Bab I.pdf - Published Version
Download (845kB) | Preview
10. 8106122069 Bab V.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
11. 8106122069 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
Abstract
Tujuan studi penelitian ini adalah (1) mengetahui keunggulan hasil belajar Karya Inovatif mahasiswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Charlotte Mason dibandingkan dengan keunggulan hasil belajar Karya Inovatif mahasiswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Montessori, (2) untuk mengetahui keunggulan hasil belajar Karya Inovatif antara mahasiswa yang memiliki gaya belajar extrovert dengan hasil belajar Karya Inovatif mahasiswa yang memiliki gaya belajar introvert, (3) untuk mengetahui interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dan gaya belajar mahasiswa terhadap hasil belajar Karya Inovatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Medan. Sampel penelitian ditetapkan mahasiswa semester 8 kelas A Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Medan diajar menggunakan metode pembelajaran Charlotte Mason dan kelas B diajar menggunakan metode pembelajaran Montessori. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Instrumen penelitian untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk praktek yang dinilai dengan menggunakan angket observasi, sedangkan untuk mendapatkan data tentang gaya belajar mahasiswa digunakan angket. Hasil uji instrumen tes dengan koefisien realibilitas 0,995 sedangkan instrument angket dengan koefisien realibilitas 0,972. Selanjutnya dilakukan uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Fisher dan uji Bartlett. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Tuckey. Hasil Penelitian adalah: (1) hasil belajar mahasiswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran Charlotte Mason = 179,36 lebih tinggi daripada hasil belajar mahasiswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran Montessori = 173, dengan Fhitung = 47,35 > Ftabel= 4,08. (2) rata rata hasil belajar mahasiswa dengan gaya belajar ekstrovert = 181,45 lebih tinggi daripada hasil belajar mahasiswa dengan gaya belajar introvert = 177,27 dengan Fhitung = 69,25 > Ftabel= 4,08 dan (3) terdapat interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dan gaya belajar mahasiswa terhadap hasil belajar Karya Inovatif dengan Fhitung = 6,38 > Ftabel= 4,08. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa metode pembelajaran yang tepat digunakan pada mahasiswa dengan karakteristik gaya belajar ekstrovert adalah metode pembelajaran Charlotte Mason. Implikasi penelitian ini secara khusus ditujukan kepada dosen Karya Inovatif yaitu dalam penerapan metode pembelajaran dengan memperhatikan karakteristik mahasiswa khususnya karakteristik gaya belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 378.179 Kar p |
Keywords: | Karya inovatif; Metode pembelajaran; Gaya belajar; Metode Montessori; Metode Charlotte Mason |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 05 May 2016 03:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3838 |