Sipayung, Yeddi Efendi (2011) HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KINERJA GURU PKN SMA DI KABUPATEN SERDANG BEDAGAI. Masters thesis, UNIMED.
1. 071188130022 Judul.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. 071188130022 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
3. 071188130022 Abstrak.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4. 071188130022 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
5. 071188130022 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6. 071188130022 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7. 071188130022 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8. 071188130022 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
9. 071188130022 Bab I.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
10. 071188130022 Bab V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
11. 071188130022 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya: (1) hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru PKn, (2) hubungan antara motivasi berprestasi dengan kinerja guru PKn, dan (3) hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan kinerja guru PKn. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru PKn SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Serdang Bedagai yang tersebar di 47 sekolah dengan jumlah 63 orang, dan semua populasi ditentukan menjadi sampel penelitian (total sampling). Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis survey dengan pola kajian korelasi. Instrumen penelitian ini adalah angket dengan model skala Likert. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik korelasi, regresi sederhana dan regresi ganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru PKn, dengan koefisien korelasi 0.567 dan koefisien determinasi sebesar 0.321, sedangkan sumbangan efektif yang diberikan mencapai 18.18%, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan kinerja guru PKn dengan koefisien korelasi 0.631, dan koefisien determinasi sebesar 0.398, sedangkan sumbangan efektif yang diberikan mencapai 28.96%, dan (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan kinerja guru PKn dengan koefisien korelasi 0.687 dan koefisien determinasi sebesar 0.471.Saran-saran yang dapat disampaikan sehubungan dengan temuan hasil penelitian ini adalah: 1) kepala sekolah harus melakukan pengembangan diri dan melakukan inovasi dalam organisasi sekolah untuk meningkatkan kemampuan memimpinnya sehingga sekolah yang dipimpinnya kondusif dan tercipta suasana yang menyenangkan bagi para guru, 2) guru harus meningkatkan motivasi berprestasi dengan mendalami dan membaca buku-buku yang ada hubungannya dengan profesionalisme guru, dan 3) guru harus berupaya meningkatkan kemampuan diri pada posisi yang profesional yaitu sebelum mengajar harus mempersiapkan bahan pembelajaran, baik dari segi ilmu pengetahuan maupun mempersiapkan mental guru itu sendiri sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi aktif dan menarik perhatian siswa agar namanya menjadi harum, baik di sekolah dan di masyarakat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.238 Sip h |
Keywords: | Gaya kepemimpinan; Kepala sekolah; Motivasi berprestasi; Kinerja guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 05 May 2016 01:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3837 |