Saragih, Risma Pita (2011) PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, TIM KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI (STUDI EMPIRIS DI SMK PARIWISATA KOTA MEDAN). Masters thesis, UNIMED.
1. 081188130125 Judul.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. 081188130125 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
3. 081188130125 Abstrak.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4. 081188130125 Kata Pengatar.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
5. 081188130125 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
6. 081188130125 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. 081188130125 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
8. 081188130125 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. 081188130125 Bab I.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
10. 081188130125 Bab V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
11. 081188130125 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui pengaruh: (1) Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Komitmen Organisasi, (2) Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja, (3) Tim Kerja Terhadap Komitmen Organisasi (4) Tim Kerja Terhadap Kepuasan Kerja, (5) Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi.Populasi penelitian adalah Guru-guru di SMK Pariwisata Medan sebanyak 288orang. Sampel penelitian sejumlah 71 orang atau 25% dari populasi denganmenggunakan Teknik Cochran yaitu Stratified Proporsional Random Sampling.Instrumen pengumpulan data untuk semua variabel adalah kuesioner berskalaLikert. Uji validitas instrumen, dengan product moment dan untuk uji reliabilitas angket digunakan rumus alpha. Instrumen angket persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah diperoleh koefisien reliabilitasnya 0,861, tim kerja diperoleh 0,779. Kepuasan kerja 0,826 dan Komitmen organisasi diperoleh sebesar 0,771, dengan demikian instrumen angket tersebut termasuk dalam angket berkategori sangat tinggi.Untuk menguji hipotesis digunakan teknik korelasi dan koefisien jalur. Berdasarkan pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh langsung dan berarti antara: (1) Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Komitmen Organisasi dengan koefisien jalur P41 = 0,338 dan besar thitung > ttabe1(2,985> 1,67). (2) Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadapKepuasan Kerja Guru, besar koefisien jalur P31 = 0,285 dan besar thitung > ttabel (2,486 > 1,67). (3) Tim Kerja terhadap Komitmen Organisasi, besar koefisien jalur p42 : 0,214, dan besar thitung > ttabe1 (1,907 > 1,67). (4) Tim Kerja terhadap Kepuasan Kerja p32 : 0,24, dan besar thitung > ttabel (2,106>1,67). (5) Kepuasan Kerja terhadap Komitmen, besar koefisien jalur P43 = 0,183 dan besar thitung > ttabe1 (1,743>1,67).Besar pengaruh secara proporsional Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah menentukan perubahan-perubahan Komitmen Organisasi adalah sebesar 21,3%, pengaruh secara proporsional untuk Tim Kerja menentukan perubahan-perubahan Komitmen Organisasi sebesar 11,5%, pengaruh secara proporsional untuk Kepuasan Kerja menentukan perubahan-perubahan Komitmen Organisasi sebesar 3,3%, danpengaruh secara proporsional untuk Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tim Kerja dan Kepuasan Kerja Guru secara bersama-sama menentukan perubahan komitmen Organisasi adalah sebesar 36,1 %.Dari penelitian ini ditemukan bahwa ada Pengaruh Persepsi Guru TentangKepemimpinan Kepala Sekolah, Tim Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap KomitmenOrganisasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin baik persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, Tim kerja guru, dan kepuasan kerja akan menumbuhkan komitmen organisasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 378.11 Sar p |
Keywords: | Komitmen organisasi; Tim kerja; Kepuasan kerja; Kepala sekolah; Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 04 May 2016 09:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3834 |