UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENDANGAN LURUS DEPAN PENCAK SILAT MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII TERPADU SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020

NASUTION, M.IKHSAN RIZALDI (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENDANGAN LURUS DEPAN PENCAK SILAT MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII TERPADU SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 6153111035 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 6153111035 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 6153111035 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 6153111035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (522kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 6153111035 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 6153111035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 6153111035 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 6153111035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 6153111035 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 6153111035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 6153111035 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 6153111035 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 6153111035 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 6153111035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 6153111035 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 6153111035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 6153111035 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 6153111035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 6153111035 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 6153111035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Tendangan “Lurus Depan Pencak Silat” pada Siswa kelas VIII Terpadu SMP Muhammadiyah 01 Medan Jl.Demak No.3 Medan, Kelurahan Sei Rengas Permata, Kecamatan Medan Area, Kota Medan Provinsi Sumatera Utara. Waktu Penelitian Dilaksanakan Pada Tanggal 14 dan 28 September 2019 dengan jumlah siswa 22 Orang, terdiri dari 14 putra dan 11 Putri. Jenis penelitian ini adalah
metode penelitian tindakan kelas (PTK) Menggunakan pendekatan saintifik dan variasi pembelajaran. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru,lembar observasi siswa,hanya 8 orang yang tuntas (36%) dan 14 orang siswa yang tidak tuntas (64%) . Setelah dilakukan tindakan siklus I maka siswa yang tuntas 15 orang (68%) dan siswa yang tidak tuntas 7 orang (32%) belum tuntas secara Klasikal. Selanjutnya di siklus II siswa yang tuntas meningkat menjadi 19 orang (86%) dan siswa yang tidak tuntas 3 orang (14%). Nilai rata rata hasil belajar
siswa pada data awal 65,2 pada Test Siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 75,04 pada test siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 80,6. Persentaase ketuntasan belajar siswa pada data awal adalah 63% (tidak tuntas) persentase ketuntasan belajar siswa siklus I adalah 31% (tidak tuntas) dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa telah mencapai 86% (tuntas) .
Berdasarkan hasil analisis data maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa melalui gaya mengajar pendekatan saintifik dan variasi pembelajaran dapat memberikan peningkatan hasil belajar Tendangan Lurus Depan Pencak Silat pada siswa kelas VIII-Terpadu SMP Muhammasiyah Tahun Ajaran 2019/2020. Dengan
peningkatan Klasikal dari Test Siklus I 68% dan Tes Siklus II menjadi 86%, kemudian nilai rata-rata siswa dari Test Siklus I hingga Tes Siklus II adalah 72%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 PJKR 009
Keywords: Tendangan Lurus Depan; Pendekatan Saintifik Dan Variasi Pembelajaran Pembelajaran ; Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV1100 Fighting sports: Bullfighting, boxing, fencing, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 12 Feb 2020 11:41
Last Modified: 03 Jun 2020 05:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38307

Actions (login required)

View Item
View Item