NASUTION, M.IKHSAN RIZALDI (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENDANGAN LURUS DEPAN PENCAK SILAT MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII TERPADU SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6153111035 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. 6153111035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
3. NIM. 6153111035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4. NIM. 6153111035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
5. NIM. 6153111035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 6153111035 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 6153111035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 6153111035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
13. NIM. 6153111035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
14. NIM. 6153111035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Tendangan “Lurus Depan Pencak Silat” pada Siswa kelas VIII Terpadu SMP Muhammadiyah 01 Medan Jl.Demak No.3 Medan, Kelurahan Sei Rengas Permata, Kecamatan Medan Area, Kota Medan Provinsi Sumatera Utara. Waktu Penelitian Dilaksanakan Pada Tanggal 14 dan 28 September 2019 dengan jumlah siswa 22 Orang, terdiri dari 14 putra dan 11 Putri. Jenis penelitian ini adalah
metode penelitian tindakan kelas (PTK) Menggunakan pendekatan saintifik dan variasi pembelajaran. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru,lembar observasi siswa,hanya 8 orang yang tuntas (36%) dan 14 orang siswa yang tidak tuntas (64%) . Setelah dilakukan tindakan siklus I maka siswa yang tuntas 15 orang (68%) dan siswa yang tidak tuntas 7 orang (32%) belum tuntas secara Klasikal. Selanjutnya di siklus II siswa yang tuntas meningkat menjadi 19 orang (86%) dan siswa yang tidak tuntas 3 orang (14%). Nilai rata rata hasil belajar
siswa pada data awal 65,2 pada Test Siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 75,04 pada test siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 80,6. Persentaase ketuntasan belajar siswa pada data awal adalah 63% (tidak tuntas) persentase ketuntasan belajar siswa siklus I adalah 31% (tidak tuntas) dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa telah mencapai 86% (tuntas) .
Berdasarkan hasil analisis data maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa melalui gaya mengajar pendekatan saintifik dan variasi pembelajaran dapat memberikan peningkatan hasil belajar Tendangan Lurus Depan Pencak Silat pada siswa kelas VIII-Terpadu SMP Muhammasiyah Tahun Ajaran 2019/2020. Dengan
peningkatan Klasikal dari Test Siklus I 68% dan Tes Siklus II menjadi 86%, kemudian nilai rata-rata siswa dari Test Siklus I hingga Tes Siklus II adalah 72%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 PJKR 009 |
Keywords: | Tendangan Lurus Depan; Pendekatan Saintifik Dan Variasi Pembelajaran Pembelajaran ; Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV1100 Fighting sports: Bullfighting, boxing, fencing, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:41 |
Last Modified: | 03 Jun 2020 05:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38307 |