RAMADHANI, DIRA (2020) PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTAS BELAJAR I PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA SWASTA UISU MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7151141011 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
2. NIM. 7151141011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (689kB) | Preview
3. NIM. 7151141011 ABSRTACT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4. NIM. 7151141011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
5. NIM. 7151141011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM. 7151141011 TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 7151141011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
12. NIM. 7151141011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
13. NIM. 7151141011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Kreativitas Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS
SMA Swasta UISU Medan TahunAjaran 2019/2020.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta UISU Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Swasta UISU Medan berjumlah 72 orang dan sampel sebanyak 72 orang yang diambil secara keseluruhan.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi,angket.Ujivaliditas untuk analisis butir angket menggunakan rumus Product Moment, dan
reliabilitasnya diperoleh dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ujiregresi linier berganda dan untuk membutikan kebenaran hipotesis digunakan rumus uji t dan uji F.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 20, diperoleh persamaan regresi linier bergandaY = 17,552 + 0,454 X1 + 0,332 X2 + e selanjutnya variable Kreativitas Guru (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial (uji t) terhadap prestasi belajar (Y) dengan nilai thitung>ttabel (3,634> 1,994). Sementara fasilitas belajar (X2) juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y) dengan nilaithitung>ttabel (3,156> 1,994).Untuk menguji hipotesis Kreativitas Guru dan fasilitas belajar secara simultan menggunakan uji F dengan taraf signifikansi 95%
diperoleh nilaiFhitung>Ftabel (23,408> 3,13), menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan antara Kreativitas Guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Untuk hasil perhitungan uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 40,4% menunjukkan bahwa Kreativitas Guru dan fasilitas belajar secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa sebesar 40,4% dan sisanya sebesar 59,6% dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak diteliti. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara Kreativitas Guru danfasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Swasta UISU Medan TahunAjaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 EKO 008 |
Keywords: | Kreativitas Guru, Fasilitas Belajar , Dan Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:41 |
Last Modified: | 04 Jun 2020 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38303 |