Sirait, Rima Zakirah (2011) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KECERDASAN GANDA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA NEGERI 1 MEDANG DERAS KABUPATEN BATUBARA. Masters thesis, UNIMED.
1. 081188210008 Judul.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. 081188210008 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
3. 081188210008 Abstrak.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4. 081188210008 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
5. 081188210008 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. 081188210008 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
7. 081188210008 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
8. 081188210008 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
9. 081188210008 Bab I.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
10. 081188210008 Bab V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
11. 081188210008 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui keunggulan dari model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam mempengaruhi hasil belajar ekonomi. (2) Untuk mengetahui keunggulan siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal dan siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal dalam mempengaruhi hasil belajar ekonomi. (3) Untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan kecerdasan ganda dalam mempengaruhi hasil belajar ekonomi siswa.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Medang Deras pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011. Populasi berjumlah 160 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 79 orang yang terdiri dari 38 orang kelas XI diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan 41 orang kelas X2 diajarkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Tes kecerdasan dilakukan untuk mengelompokkan siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal dan siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan a = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas.Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar Ekonomi siswa yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan hasil pengujian Fhitung = 4,19 > Ftabel = 3,99 pada taraf signifikan a = 0,05; (2) hasil belajar Ekonomi siswa yang memiliki Kecerdasan interpersonal lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal, dengan hasil pengujian Fhitung = 10,91 > Ftabel = 3,99 pada taraf signifikan a = 0,05; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan dalam mempengaruhi hasil belajar ekonomi, dengan hasil pengujian Fhitung = 5,10 > Ftabel = 3,99 pada taraf signifikan a = 0,05. Hipotesis ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tepat daripada model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa, pada siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal akan memperoleh hasil yang lebih baik daripada siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.238 Sir p |
Keywords: | Ekonomi; Pembelajaran kooperatif; Tipe Jigsaw; Kecerdasan ganda; Kecerdasan interpersonal; Kecerdasan intrapersonal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 02 May 2016 19:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3815 |