NASUTION, SHEILLA ZAKIA (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN ICT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 DELITUA T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4151111090 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4151111090 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
3. NIM. 4151111090 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM. 4151111090 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
5. NIM. 4151111090 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
6. NIM. 4151111090 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM. 4151111090 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 4151111090 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
9. NIM. 4151111090 BAB I.pdf - Published Version
Download (777kB) | Preview
13. NIM. 4151111090 BAB V.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
14. NIM. 4151111090 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik berbantuan ICT yang berkualitas pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel; 2) Menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis pendekatan matematika realistik berbantuan ICT. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan yang dikemukakan oleh S. Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (define, design, develop dan disseminate). Uji coba perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik dilakukan sebanyak dua kali untuk memperoleh perangkat yang berkualitas. Uji coba pertama dilakukan di kelas VIII 1 dan uji coba kedua dilakukan di kelas VIII 2. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik yang dibelajarkan berkualitas baik pada saat tahap pengembangan uji coba kedua; 2) Kemampuan pemecahan masalah yang dibelajarkan dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik meningkat pada tahap pengembangan uji coba kedua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MAT 035 |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model 4-D, Pendekatan Matematika Realistik, Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:24 |
Last Modified: | 29 May 2020 17:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38108 |