Tambunan, Hero (2011) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR EKSPRESI SISWA SMA NEGERI 2 KOTA PEMATANG SIANTAR TAHUN AJARAN 2011/2012. Masters thesis, UNIMED.
1. 809122034 Judul.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. 809122034 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
3. 809122034 Abstrak.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4. 809122034 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
5. 809122034 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. 809122034 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
7. 809122034 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8. 809122034 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
9. 809122034 Bab I.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
10. 809122034 Bab V.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
11. 809122034 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Hasil Belajar Menggambar Ekspresi Siswa SMA Negeri 2 Kota Pematang Siantar Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan terhadap sampel dari siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPS 1 SMA Negeri 2 Kota Pematang Siantar dengan jumlah 80 orang.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan quasi eksperimen desain faktorial 2 x 2. Data yang dikumpulkan melalui tes praktik menggambar ekspresi kemudian ditabulasikan dan diolah dengan menggunakan Microsoft Excel. Data dianalisa menggunakan teknik statistik inferensial dan deskriptif. Teknik statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan data, antara lain: nilai rata-rata (mean), median, modus, standar deviasi, dan kecenderungan data. Teknik statistik inferensial digunakan untuk menguji hipotesis penelitian, dimana teknik inferensial yang digunakan adalah teknik analisa varians (ANAVA) dua jalur dengan taraf signifikan 5%.Hasil hipotesis menunjukkan: 1) siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa memperoleh hasil belajar menggambar ekspresi lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, yang ditunjukkan dengan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa memperoleh skor rata-rata hasil belajar menggambar ekspresi 80, 75, lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori memperoleh skor rata-rata hasil belajar menggambar ekspresi 78,25. Perhitungan Anava diperoleh nilai Fhitung = 6, 740 dan Ftabel = 3,97, berarti Fhitung lebih besar dari Ftabel, 2) siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi memperoleh hasil belajar menggambar ekspresi lebih tinggi dari siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah, yang ditunjukkan dengan skor rata-rata hasil belajar menggambar ekspresi yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi 88,58 dan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah 73, 76. Perhitungan Anava yang terdapat pada Tabel 20 diperoleh nilai Fhitung = 225,041 dan Ftabel = 3,97, berarti Fhitung lebih besar dari Ftabel, 3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar menggambar ekspresi, yang ditunjukkan dengan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa, siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi memperoleh skor rata-rata hasil belajar menggambar ekspresi 90,13 dan yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah 75,12. Sedangkan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi memperoleh skor rata-rata hasil belajar menggambar ekspresi 87,13 dan yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah 72,33. Perhitungan Anava diperoleh nilai Fhitung = 2,174 dan Ftabel = 3,97, berarti Fhitung lebih kecil dari Ftabel.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.238 Tam p |
Keywords: | Berpikir kreatif; Strategi pembelajaran; Pembelajaran ekspositori; Menggambar ekspresi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 29 Apr 2016 00:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3810 |