Sitepu, Crosby (2020) TINJAUAN GAMBAR EKSPRESI OBJEK MANUSIA BERDASARKAN TEORI LOWENFELD MENGGUNAKAN KRAYON OLEH ANAK TK B METHODIST BERASTAGI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2151151003 COVER.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
2. NIM 2151151003 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
3. NIM 2151151003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
4. NIM 2151151003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
5. NIM 2151151003 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
6. NIM 2151151003 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
7. NIM 2151151003 LIST OF TABEL.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
8. NIM 2151151003 CHART.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
9. NIM 2151151003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
13. NIM 2151151003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
14. NIM 2151151003 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan gambar ekspresi objek manusia dari indikator bentuk, warna, dan kerapian melalui menggambar menggunakan krayon yang dilaksanakan di TK B Methodist Berastagi berdasarkan teori Lowenfeld. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 26 peserta didik di TK B 3 Methodist Berastagi Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara. Objek penelitian ini yaitu kemampuan menggambar ekspresi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menggambar ekspresi objek manusia dengan krayon berdasarkan teori Lowenfeld pada peserta didik di TK B 3 Methodist Berastagi adalah baik. Hal tersebut dilihat dari hasil analisis pada karya gambar peserta didik TK B 3 Methodist Berastagi yang telah sesuai dengan golongan periodisasi perkembangan seni rupa anak yaitu tahap prabagan (4-7 tahun), sejumlah 26 anak atau 100%. Total 26 karya yang ada, karya no 12 memperoleh nilai berdasarkan rekapitulasi dengan skor total tertinggi (77) dan karya dari no 3 memperoleh nilai berdasarkan rekapitulasi dengan skor total terendah (69). Sebanyak 25 karya (96%) memperoleh predikat B (berkembang sesuai harapan) dan sebanyak 1 karya (3%) memperoleh predikat C (mulai berkembang), untuk predikat A (berkembang sangat baik) dan D (belum berkembang) sebanyak 0%.
Kategori tersebut diperoleh berdasarkan hasil penilaian dari karya gambar terhadap tiga indikator penilaian. Karakteristik gambar ekspresi karya peserta didik TK B 3 Methodist Berastagi telah memiliki konsep cerita sesuai dengan imajinasi dan juga sesuai dengan kedaan lingkungan sekitar mereka, seperti didalam ruanglingkup keluarga dan kelas mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 RUPA 009 |
Keywords: | Gambar Ekspresi, Anak TK, Bentuk, Warna, Kerapian, Teori Lowenfeld |
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:24 |
Last Modified: | 29 May 2020 17:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38098 |