AZMAN, IBNU (2020) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN ALAT UKUR KELAS X SMK SWASTA SINAR HUSNI MEDAN T.A 2019/202. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5151121011 COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
2. NIM. 5151121011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
3. NIM. 5151121011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4. NIM. 5151121011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM. 5151121011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
6. NIM. 5151121011 TABLE.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM. 5151121011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
8. NIM. 5151121011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
9. NIM. 5151121011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
13. NIM. 5151121011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
14. NIM. 5151121011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran alat ukur kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui prestasi belajar siswa kelas X yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division (STAD); (2) Mengetahui prestasi belajar kelas X yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learing (PBL); (3) Perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Team Achievment Division (STAD) dan Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil 2019. Lokasi penelitian di SMK Swasta Sinar Husni Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKR di SMK Swasta Sinar Husni Medan yang terdiri dari 6 kelas. Dengan teknik random sampling terpilih 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah siswa keseluruhan sebanyak 70 siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran Student Team Achievment Division (STAD) dan kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar pada materi pengenalan bentuk dan
fungsi garis gambar teknik yang telah disusun dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis kesamaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan prestasi belajar siswa anatara model kooperatif tipe Student Team Achievment Divisions (STAD) dan Problem Based Learning
dengan peroleh nilai rata – rata posttest kelas eksperimen adalah 81,83 dan nilai rata – rata kelas kontrol adalah 76,11. Hasil analisis menunjukan bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan berasal dari kelompok homogen. Setelah dilakukan uji “t” diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,006 < 0,05, hipotesis penelitian ini dapat diterima. Dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak dan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division (STAD) dengan model pembelajaran yang diajarkan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) terhadap prestasi belajar alat
ukur kelas X TKR SMK Swasta Sinar Husni Medan T.A. 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MSN 012 |
Keywords: | Model Pembelajaran, Student Team Achievment Division, Problem Based Learning, Prestasi Belajar, Alat Ukur |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:23 |
Last Modified: | 02 Jun 2020 22:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38086 |