DASOPANG, KHUZAIMAH (2020) PENGEMBANGAN KIT PEMBELAJARAN DARI LIMBAH PADA MATERI IKATAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS X. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4161131016 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 4161131016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
3. NIM. 4161131016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 4161131016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
5. NIM. 4161131016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
6. NIM. 4161131016 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 4161131016 ILLUSTRACTION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 4161131016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
13. NIM. 4161131016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM. 4161131016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian dengan judul Pengembangan KIT Pembelajaran Kimia dari Limbah pada Materi Ikatan Kimia untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA kelas X ini bertujuan untuk mengetahui apakah KIT yang dibuat dapat memenuhi standar kelayakan sebuah KIT dan dapat meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Budisatrya Medan.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara purposif sampling sebanyak satu kelas, yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran KIT.Instrumen tes yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 20 soal yang telah teruji valid. Berdasarkan hasil analisis data, media Pembelajaran KIT yang dibuat telah memenuhi standar kelayakan dengan skor 3,80 dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi. Dari hasil uji hipotesis didapatkan data perhitungan tabel diperoleh nilai thitung = 13,90 sedangkan pada ttabel 1,696, karena nilai thitung lebih tinggi daripada nilai ttabel (thitung > ttabel) maka Ho ditolak, yang artinya Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar kimia siswa yang diajarkan menggunakan media pembelajaran KIT Ikatan Kimia yang dibuat lebih tinggi dari nilai KKM (sebesar 70) yakni rata-rata nilai posttest siswa sebesar 84,29. Sedangkan rata-rata nilai motivasi siswa diperoleh 65,71 dengan kriteria tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 KIM 015 |
Keywords: | KIT; Motivasi Belajar; Hasil Belajar; Ikatan Kimia |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:23 |
Last Modified: | 04 Jun 2020 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38084 |