NINGRUM, ANGGUN WIDYA (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI GULING DEPAN MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 SECANGGANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 6151111007 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 6151111007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. NIM. 6151111007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. NIM. 6151111007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
5. NIM. 6151111007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 6151111007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 6151111007 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 6151111007 APPENDCIES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 6151111007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
13. NIM. 6151111007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
14. NIM. 6151111007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar senam lantai guling depan melalui gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas VII-3 SMP Negeri2 Secanggang Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMP Negeri 2 Secanggang kabupaten Langkat tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 anak, terdiri atas siswa putra sebanyak 19 anak dan siswa putri sebanyak 11 anak. Instrumen yang digunakan yaitu tes unjuk kerja guling depan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil
pembelajaran senam lantai guling depan melalui gaya mengajar resiprokal ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata siswa. Nilai rata-rata siswa pada kondisi awal sebesar 58,89 dengan jumlah 8 siswa dan persentase ketuntasan sebesar 27%. Kondisi tersebut mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu sebesar 71,67 dengan jumlah 12 siswa dan persentase ketuntasan sebesar 40%. Namun, peningkatan tersebut masih belum mencapai target yang ditetapkan sebelumnya. Kemudian setelah melanjutkan ke siklus II nilai rata-rata
kemampuan senam guling depan siswa kembali mengalami peningkatan sebesar 81,1 dengan jumlah 24 siswa dan persentase ketuntasan sebesar 80%. Hal tersebut
menunjukkan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus II. Proses pembelajaran senam lantai guling depan melalui gaya mengajar resiprokal berlangsung dinamis dan menyenangkan dan hasil pengamatan terhadap guru saat pembelajaran juga meningkat di setiap pertemuan. Kemampuan guling depan peserta didik meningkat dengan ditandai dengan peserta didik tuntas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 PJKR 016 |
Keywords: | Guling Depan ; Gaya Mengajar Resiprokal |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV401 Physical education facilities. Sports facilities |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:23 |
Last Modified: | 04 Jun 2020 04:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38080 |