ASODINA, MERI (2020) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 AEK KUO TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7153341049 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM 7153341049 Surat Persetujuan.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
3. NIM 7153341049 Abstrak.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4. NIM 7153341049 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
5. NIM 7153341049 daftar isi.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
6. NIM 7153341049 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM 7153341049 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8. NIM 7153341049 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
9. NIM 7153341049 BAB I.pdf - Published Version
Download (665kB) | Preview
13. NIM 7153341049 BAB V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
14. NIM 7153341049 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini “rendahnya hasil belajar siswa dan minat belajar” kelas XI SMA Negeri 1 Aek Kuo T.A 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media pembelajaran Visual dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Aek Kuo T.A 2019/2020. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Aek Kuo dengan populasi sebanyak 57 siswa dan sampel berjumlah 57 siswa yang diambil secara keseluruhan. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan angket minat belajar pada mata pelajaran ekonomi dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 item dan angket sebanyak 20 item . Hasil analisis data menggunakan ANOVA dua arah disimpulkan bahwa variabel media pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi dari Media adalah 0,000. Jika dibandingkan dengan signifikansi 0,05. Maka hasilnya 0,000<0,05. Variabel minat belajar juga berpengaruh terhadap hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari nilai sigifikansi minat, jika diperhatikan, nilai signifikansi tersebut 0,000. Dibandingkan dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Untuk melihat pengaruh antar media pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi dapat dilihat pada Corrected Model menunjukkan hasil signifikan adalah 0,037. Jika dibandingkan dengan signifikansi 0,05, maka hasilnya 0,037<0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh Media Visual dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi SMA Negeri 1 Aek Kuo T.A 2019/2020, dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 EKO 026 |
Keywords: | Visual; Minat Belajar; Hasil Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:23 |
Last Modified: | 04 Jun 2020 05:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38078 |