SARAGI, HENRY BARTOLOMEUS (2020) PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE SAVI (SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELECTUAL) DAN MODEL INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN CASIS OTOMOTIF MATERI SISTEM REM DI SMK SWASTA TAMAN SISWA LUBUK PAKAM I TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5153122001 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
2. NIM. 5153122001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
3. NIM. 5153122001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 5153122001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM. 5153122001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 5153122001 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 5153122001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 5153122001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
12. NIM. 5153122001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
13. NIM. 5153122001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Casis Otomotif Materi Sistem Rem yang diajarkan dengan model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intelectual) dengan Inkuiri kelas XI TKR semester I SMK Taman Siswa Lubuk Pakam. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Simpel Random Sampling dengan mengambil dua kelas yaitu kelas XI TKR-1 yang berjumlah 36 orang dan kelas XI TKR- 2 yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan berganda dengan jumlah 35 soal. Pada kelas XI TKR-1 sebagai kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran SAVI sedangkan pada kelas X TKR-2 sebagai kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri kemudian di berikan postes pada masing-masing kelas. Berdasarkan hasil analisis data postes di peroleh hasil belajar siswa mata pelajaran Casis Otomotif Materi Sistem Rem pada kelas SAVI memiliki nilai rata-rata = 77,87 dan nilai rata-rata kelas Inkuiri = 72,91 sehingga diperoleh nilai Thitung = 2,204 dan Ttabel = 1,668 dengan kriteria Thitung > Ttabel (2,204 > 1,668) yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima atau dengan kata lain bahwa hasil belajar siswa mata pelajaran Casis Otomotif Materi Sistem Rem yang diajarkan dengan model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intelectual) lebih tinggi dibanding hasil belajar siswa mata pelajaran Casis Otomotif Materi Sistem Rem yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri kelas XI TKR-1 dan kelas XI TKR-2 di SMK Swasta Taman Siswa Lubuk Pakam I.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 OTM 004 |
Keywords: | Model Pembelajaran Somatic Auditory, Visualization, Intelectual, Inkuiri, Hasil Belajar Casis Otomotif |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:20 |
Last Modified: | 26 Mar 2020 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38039 |