Hutagalung, Ratna (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS ULASAN CERPEN BERBASIS BUDAYA LOKAL TAPUT UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 TARUTUNG. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2153111032 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2. NIM. 2153111032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (601kB) | Preview
3. NIM. 2153111032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4. NIM. 2153111032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
5. NIM. 2153111032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
6. NIM. 2153111032 TABLES.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
7. NIM. 2153111032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 2153111032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 2153111032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
13. NIM. 2153111032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM. 2153111032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis kebudayaan lokal pada materi teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarutung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan Research and Development (R & D) yang merujuk pada model Borg and Gall. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Validasi produk terdiri dari dua ahli materi dan dua ahli desain produk. Subjek ujicoba penelitian ini terdiri dari 3 siswa untuk uji perorangan, 9 siswa untuk uji kelompok kecil dan 32 siswa untuk uji lapangan terbatas. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan aspek kebahasaan (2) validasi ahli desain bahan ajar (3) respon guru (4) uji coba perorangan (5) uji coba kelompok kecil (6) uji lapangan terbatas. Hal ini membuktikan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis multikultural layak, mudah dan efektif dingunakan pada pembelajaran teks laporan hasil observasi di SMA kelas X.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 IND 027 |
Keywords: | pengembangan bahan ajar, teks ulasan cerpen, berbasis budaya lokal taput |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z1003 Choice of books. Books and reading. Book reviews |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:20 |
Last Modified: | 26 Mar 2020 02:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38038 |