RAHMADANI, RIZKA (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI BERBASIS MACROMEDIA FLASH YANG DIKEMBANGKAN TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4163131023 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. NIM. 4163131023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
3. NIM. 4163131023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
4. NIM. 4163131023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM. 4163131023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
6. NIM. 4163131023 TABLES.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7. NIM. 4163131023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
8. NIM. 4163131023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM. 4163131023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
13. NIM. 4163131023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14. NIM. 4163131023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media animasi berbasis macromedia flash yang dikembangkan dan pengaruhnya terhadap hasil dan minat belajar siswa serta korelasi antara minat belajar dengan hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA MAS Proyek Univa yang berjumlah 2 kelas. Sampel penelitian adalah sampel total yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan media animasi berbasis macromedia flash dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan tanpa media animasi berbasis macromedia flash di MAS Proyek Univa Medan. Instrumen yang digunakan adalah angket kelayakan media sesuai standar BSNP, angket minat belajar siswa sebanyak 20 item serta tes hasil belajar sebanyak 20 soal yang telah teruji valid. Data kelayakan media dianalisis secara deskriptif, data hasil dan minat belajar siswa dianalisis secara statistik dengan uji t-pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media animasi berbasis macromedia flash yang dikembangkan memenuhi kriteria BSNP (sangat layak) dengan rata-rata 96,60%. Hasil uji t-pihak kanan menunjukkan bahwa thitung > ttabel (5,60 > 1,684) hasil belajar dan (7,40 > 1,684) minat belajar, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada pengaruh penggunaan media animasi berbasis macromedia flash terhadap hasil dan minat belajar siswa pada materi ikatan kimia. Hasil uji korelasi menunjukkan ada korelasi positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa. Kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran menggunakan media animasi berbasis macromedia flash sebesar 85,93%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 KIM 027 |
Keywords: | Media Animasi Berbasis Macromedia Flash; Hasil Belajar; Minat Belajar; Ikatan Kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:18 |
Last Modified: | 20 Mar 2020 04:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38024 |