DALIMUNTHE, SITI KHODIJAH (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ISPRING PRESENTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MINYAK BUMI KELAS XI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4161131036 COVER.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
2. NIM. 4161131036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
3. NIM. 4161131036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM 4161131036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. NIM 4161131036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
6. NIM. 4161131036 TABLES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM. 4161131036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8. NIM. 4161131036 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
9. NIM. 4161131036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
13. NIM. 4161131036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
14. NIM. 4161131036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu jalan keluar setelah model pembelajaran dalam mengatasi permasalahan siswa yang memiliki prestasi rendah terlebih untuk belajar kimia yang memerlukan keseriusan lebih. Adapun tujuan dari penelitian adalah (1) mengetahui tingkat kelayakan media yang digunakan disekolah berdasarkan BSNP (2) mengetahui tingkat kelayakan media yang dikembangkan berdasarkan BSNP, (3) mengetahui apakah hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media iSpring Presenter lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan menggunakan media powerpoint biasa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Resesarch and Development (R&D) dengan menggunakan tahap Borg and Gall yang meliputi: (1) tahap pengumpulan data; (2) tahap perencanaan; (3) tahap pegembangan produk; (4) tahap validasi dan uji coba. Validasi ahli terdiri dari 1 orang dosen sebagai ahli media dan 1 orang guru sebagai ahli materi. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling, diperoleh kelas XI MIPA 1 yang diajarkan menggunakan media iSpring Presenter sebagai kelas eksperimen dan MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang diajarkan menggunakan media powerpoint. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket uji kelayakan media dan materi berdasarkan standar BSNP, serta instrumen tes berupa soal untuk siswa. Teknik analisis data berupa uji kelayakan media yang menggunakan skala likert dan uji-t pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan media pembelajaran yang ada disekolah layak digunakan berdasarkan standar kelayakan BSNP, dengan uji kelayakan media sebesar 59,6% dan materi 65,6%. (2) Media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan standar kelayakan BSNP diperoleh hasil uji kelayakan materi sebesar 89% dan media 85,6% dengan kategori sangat layak. (3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media berbasis iSpring Presenter lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan menggunakan powerpoint. Hal ini dilihat dari harga thitung > ttabel (3,90>1,670).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 KIM 028 |
Keywords: | Kelayakan Media, Hasil Belajar, iSpring Presenter, Powerpoint |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:18 |
Last Modified: | 20 Mar 2020 04:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38022 |