SITEPU, DINDA RISTANTI (2020) ANALISIS PELAKSANAAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PENJAS DI SMP NEGERI SE-KOTA BINJAI TAHUN 2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 6151111017 COVER.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
2. NIM. 6151111017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
3. NIM. 6151111017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM. 6151111017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
5. NIM. 6151111017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6. NIM. 6151111017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 6151111017 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 6151111017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 6151111017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
13. NIM. 6151111017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 6151111017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani masih menemui beberapa kendala. Kendala tersebut diantaranya minimnya sarana prasarana, latar belakang guru bukan dari Pendidikan Jasmani dan pemilihan materi yang tidak sesuai dengan kondisi. Penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMP Negeri se-Kota Binjai yang dilihat dari faktor perencaan pembelajaran,kegiatan mengamati dan menanya,mencoba,mengasosiasi dan mengkomunikasikan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Guru Pendidikan Jasmani SMP Negeri se-Kota Binjai yang berjumlah 20 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di SMP Negeri se-Kota Binjai. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dengan 29 butir pertanyaan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan Pendekatan Saintifik Dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMP Negeri se-Kota Binjai Tahun 2019 pada kategori tidak baik dengan presentase 15%, kategori kurang baik dengan presentase 15%, kategori cukup baik dengan presentase 15%, kategori baik dengan presentase 55% dan kategori sangat baik dengan presentase 0%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan pendekatan saintifik dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMP Negeri se-Kota Binjai Tahun 2019 dalam kategori baik, dengan presentase 55%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 PJKR 020 |
Keywords: | PELAKSANAAN PENDEKATAN SAINTIFIK, PEMBELAJARAN PENJAS |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:17 |
Last Modified: | 11 Mar 2020 09:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38018 |