PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ISPRING PRESENTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA

EVRIANI, RISNA (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ISPRING PRESENTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 4163331024 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4163331024 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4163331024 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4163331024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4163331024 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4163331024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4163331024 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4163331024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4163331024 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4163331024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4163331024 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4163331024 TABLES.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4163331024 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4163331024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4163331024 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4163331024 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4163331024 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4163331024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (567kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4163331024 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4163331024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4163331024 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4163331024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview

Abstract

Media dapat memudahkan guru dalam proses mengajar dan adanya media siswa lebih tertarik untuk belajar hal ini sangat penting bagi suksesnya proses belajar
dan mengajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media iSpring Presenter
dan media Powerpoint pada materi ikatan kovalen. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model Borg and Gall. Sampel
dalam penelitian adalah kelas X-MIA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XMIA 2 sebagai kelas eksperimen 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media iSpring Presenter yang diukur dengan standar BSNP memperoleh nilai kelayakan materi sebesar 3,72 (sangat layak) dan nilai kelayakan media 3,69 (sangat layak). Sedangkan media Powerpoint yang digunakan sekolah mendapatkan nilai
kelayakan materi 2,37 (kurang layak) dan nilai kelayakan media 2,48 (kurang layak). Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media iSpring Presenter lebih tinggi yaitu 69,9% dari pada nilai rata-rata siswa dengan
menggunakan media Powerpoint yaitu 50,9%. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media iSpring Presenter dan media Powerpoint pada materi
ikatan kovalen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 KIM 031
Keywords: Media pembelajaran, Ispring presenter, Ikatan kovalen
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 Feb 2020 11:17
Last Modified: 11 Mar 2020 04:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38016

Actions (login required)

View Item
View Item