EVRIANI, RISNA (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ISPRING PRESENTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4163331024 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM. 4163331024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
3. NIM. 4163331024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4. NIM. 4163331024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
5. NIM. 4163331024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
6. NIM. 4163331024 TABLES.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
7. NIM. 4163331024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
8. NIM. 4163331024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
9. NIM. 4163331024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (567kB) | Preview
13. NIM. 4163331024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
14. NIM. 4163331024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
Abstract
Media dapat memudahkan guru dalam proses mengajar dan adanya media siswa lebih tertarik untuk belajar hal ini sangat penting bagi suksesnya proses belajar
dan mengajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media iSpring Presenter
dan media Powerpoint pada materi ikatan kovalen. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model Borg and Gall. Sampel
dalam penelitian adalah kelas X-MIA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XMIA 2 sebagai kelas eksperimen 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media iSpring Presenter yang diukur dengan standar BSNP memperoleh nilai kelayakan materi sebesar 3,72 (sangat layak) dan nilai kelayakan media 3,69 (sangat layak). Sedangkan media Powerpoint yang digunakan sekolah mendapatkan nilai
kelayakan materi 2,37 (kurang layak) dan nilai kelayakan media 2,48 (kurang layak). Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media iSpring Presenter lebih tinggi yaitu 69,9% dari pada nilai rata-rata siswa dengan
menggunakan media Powerpoint yaitu 50,9%. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media iSpring Presenter dan media Powerpoint pada materi
ikatan kovalen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 KIM 031 |
Keywords: | Media pembelajaran, Ispring presenter, Ikatan kovalen |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:17 |
Last Modified: | 11 Mar 2020 04:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38016 |