SIMBOLON, JONI WANRI (2019) PEMANFAATAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) BERBASIS MOODLE UNTUK MENUMBUHKAN SELF REGULATED SISWA DI KELAS XI IPA SMA SWASTA BUDI AGUNG MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4153321017 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM 4153321017 APRPOVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
3. NIM. 4153321017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4. NIM. 4153321017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
5. NIM. 4153321017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 4153321017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
7. NIM. 4153321017 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 4153321017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 4153321017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
13. NIM. 4153321017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 4153321017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Learning Management System (LSM) Moodle pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sesuai dengan kriteria kelayakan media dan materi melalui validasi beberapa ahli dan uji coba produk.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (Research and development) dengan Populasi dalam penguji cobaan media ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Swasta Budi Agung Medan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli media, ahli materi, dan peserta didik serta soal tes (pretest dan posttest) untuk mengetahui tingkat kemandirian siswa dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diberikan pembelajaran menggunakan media pembelajaran Berbasis Learning Management System (LMS) Moodle. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kualitas produk. Penelitian ini dilaksanakan hingga sampai tahap design, dikarenakan keterbatasan waktu dalam pelaksanaan penelitian ini.
Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu diketahuinya proses dan tahapan pembuatan LMS Moodle, dan tahapan pengajaran menggunakan aplikasi LMS Moodle. Diketahui bahwa LMS Moodle sangat banyak keuntungannya dan sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran di dalam kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 FIS 040 |
Keywords: | Learning Management System, Moodle, self Regulated |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:09 |
Last Modified: | 02 Mar 2020 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37995 |