Pratama, Anggi Tias (2011) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD KELAS V. Masters thesis, UNIMED.
1. 809745003 Judul.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. 809745003 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
3. 809745003 Abstrak.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4. 809745003 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
5. 809745003 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. 809745003 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. 809745003 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
8. 809745003 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
9. 809745003 Bab I.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
10. 809745003 Bab V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
10. 809745003 Bab V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
11. 809745003 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar siswa SD kelas V yang dibelajarkan dengan menggunakan media komik dan siswa yang dibelajarkan menggunakan media buku teks IPA pada materi pencernaan makanan manusia; (2) Durasi lama membaca menggunakan media komik dengan buku teks IPA. pada materi pencernaan makanan manusia; (3) Pengaruh pernanfaatan media komik terhadap durasi lama membaca dan hasil belajar siswa kelas V SD pada materi pencernaan makanan pada manusia.Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 9 kelas dengan jumlah siswa 270 orang. Sampel penelitian sebanyak 190 orang siswa dari jumlah kese1uruhan populasi siswa ke1as V SD. lntrumen pengumpulan data digunakan tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir soal, serta instrument minat membaca siswa dengan mcnggunakan wawancara terhadap durasi membaca komik dan buku. Metode penelitian ini bersifat quasi eksperimen dan teknik analisa data menggunakan uji-T dengan taraf signifikansi a = 0,05.Temuan penelitian bahwa : (1) Hasil Belajar Siswa SD kelas V untuk materi Sistem Pencernaan Manusia secara sangat signifikan lebih tinggi pada kelas yang dibelajark:an dengan menggunakan media komik (X = 85,358 ± so = 4,322) dibanding dengan hasil belajar siswa pada kelas yang dibelajarkan dengan media buku teks (X = 78,663 ± SD = 4,502), (thitung = 10,456; ttabel = 1,98; p = 0,000); (2) Minat membaca siswa kelas V SD utnuk rnateri Sistem Pencernaan Manusia secara sangat signifikan lebih tinggi pada kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan media komik (X = 1,20 ± SD = 4,502) dibanding dengan hasil belajar siswa pada kelas yang dibelajarkan dengan media buku teks (X= 0,788 ± SD = 0,280), (thitung = 7.619 ; ttabel = 1,98 ; p = 0.000 ); (3) Sumber belajar berupa komik berpengaruh positif terhadap hasil belajar dan minat membaca siswa kelas kelas V SD materi pencernaan manusia pada taraf signifikan a = 0,05 Hasil uji T. Anacova (Fhitung = 78,015; Ftabel 0,138; P = 0.000).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Pra p |
Keywords: | Media pembelajaran; Sumber belajar; Minat baca; Pembelajaran IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 07:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3790 |