Batubara, Lenni Afriani (2011) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ANATOMI MAHASISWA PROGRAM STUDI S-1 KEPERAWATAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SUMATERA UTARA. Masters thesis, UNIMED.
1. 809215014 - JUDUL.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
2. 809215014 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
3. 809215014 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4. 809215014 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
5. 809215014 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
6. 809215014 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
7. 809215014 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
8. 809215014 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
9. 809215014 - BAB I.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
10. 809215014 - BAB V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
11. 809215014 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil belajar anatomi mahasiswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran model lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar anatomi mahasiswa yang diajarkan dengan media pembelajaran gambar. (2) hasil belajar anatomi mahasiswa yang memiliki gaya belajar kinestetik lebih tinggi dari pada mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual.(3) ada interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar anatomi mahasiswa program studi S-1 keperawatan STIKes SUMUT. Peneltian ini dilaksanakan di STIKes SUMUT semester 2 tahun pelajaran 2010/2011. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 yang berjumlah 135 orang yaitu kelas IIA, IIB dan IIC. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik cluster random sampling yang terdiri 45 mahasiswa kelas IIA untuk media pembelajaran model dan 45 mahasiswa kelas IIB untuk media pembelajaran gambar. Instrumen penelitian berbentuk tes yang terdiri dari tes hasil belajar anatomi dan gaya belajar. Tes gaya belajar menggunakan tes gaya belajar yang dikembangkan oleh Bobbi De porter yang diberikan kepada mahasiswa untuk mengklasifikasi gaya belajar mahasiswa yaitu gaya belajar visual dan kinestetik. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Tehnik analisis data menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur dengan taraf signifikan 5 % (α = 0,05) sebelum analisi varians (ANAVA) dua jalur digunakan terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu normalitas data dengan menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji F dan uji Barlett dan dilanjutkan dengan uji lanjut dengan menggunakan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar anatomi yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran model lebih tinggi dari pada hasil belajar anatomi mahasiswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran gambar dengan Fhitung = 9,81 > Ftabel = 3,96 pada taraf signifikan α = 0,05 %. (2) hasil belajar anatomi mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual sama dengan mahasiswa yang memiliki gaya belajar kinestetik dengan Fhitung = 0,889 < Ftabel = 3,96 pada taraf signifikan α = 0,05 %. (3) terdapat interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar anatomi dengan Fhitung = 49,706 > Ftabel = 3,96 pada taraf signifikan α = 0,05 %.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Bat p |
Keywords: | Media pembelajaran; Gaya belajar visual; Gaya belajar kinestetik; Media model; Media gambar |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 06:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3788 |