PENINGKATAN BERPIKIR NILAI-NILAI KEMANUSIAAN MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN VALUE CLARIFICATION TECHNIC PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SD BHARLIND MEDAN

Sihaloho, Binner (2011) PENINGKATAN BERPIKIR NILAI-NILAI KEMANUSIAAN MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN VALUE CLARIFICATION TECHNIC PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SD BHARLIND MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 071188810002 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 071188810002 Judul.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 2. 071188810002 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2. 071188810002 Abstrak.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 3. 071188810002 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
3. 071188810002 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 4. 071188810002 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
4. 071188810002 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 5. 071188810002 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
5. 071188810002 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 6. 071188810002 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
6. 071188810002 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 7. 071188810002 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
7. 071188810002 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 8. 071188810002 Bab I.pdf]
Preview
Text
8. 071188810002 Bab I.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 9. 071188810002 Bab V.pdf]
Preview
Text
9. 071188810002 Bab V.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 10. 071188810002 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
10. 071188810002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview

Abstract

Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini yakni: 1. Bagaimanakah tingkat kemampuan berpikir nilai kemanusiaan siswa sebelum dan sesudah penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Value Clarification Tecnique (VCT) dalam proses pembelajaran pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V SD Swasta Bharlind Medan Tuntungan?. 2. Bagaimana perpaduan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Value Clarification Tecnique (VCT) terhadap peningkatan kemampuan berpikir nilai kemanusiaan siswa dalam proses belajar mengajar pendidikan Ihnu Pengetahuan Sosial di kelas V SD Swasta Bharlind Medan Tuntungan?.Tujuan penelitian ini yakni : 1. Mengungkapkan kemampuan berpikir nilai kemanusiaan siswa sebelum dan sesudah penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Value Clarification Tecnique (VCT) dalam proses pembelajaran pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V SD Swasta Bharlind Medan Tuntungan. 2. Mengungkapkan bagaimana penerapan perpaduan antara Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Value Clarification Tecnique (VCT) terhadap peningkatan kemampuan berpikir tentang nilai kemanusiaan siswa dalam proses belajar mengajar pendidikan llmu Pengetahuan Sosial di kelas V SD Swasta Bharlind Medan Tuntungan.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dengan dua siklus. Subjek penelitian yakni siswa sebanyak 40 orang. Objek utama penelitian yakni penerapan perpaduan pendekatan CTL dan VCT, dan kemampuan berpikir nilai-nilai siswa dalam pembelajaran materi IPS di kelas V SD Swasta Bharlind Medan Tuntungan.Hasil penelitian menunjukan bahwa, terdapat peningkatan berpikir nilai-nilai kemanusiaan bagi siswa pada siklus I dan siklus II, hal ini dapat dilihat dari hasil test pada setiap siklus. Dimana pada siklus I pree test siklus I hanya 5 orang (12.5%) yang memiliki nilai sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yakni skor 70 dan sebanyak 35 orang siswa memiliki nilai dibawah KKM atau kurang dari skor 70 (87.5%). Pada post test siklus I sudah ada siswa memiliki skor lebih besar dari KKM sebanyak 9 orang (22.5%) dengan skor 80 dan memperoleh sama dengan nilai KKM sebanyak 24 orang (60%) sementara itu hanya tinggal 7 orang siswa yang memiliki skor nilai kurang dari nilai KKM (17.5%). Dari post test siklus II tanpak ada peningkatan jumlah siswa yang memperoleh nilai lebih besar dari KKM dan sama dengan nilai KKM, yakni; sebanyak 32 orang (80%) yang memiliki lebih besar dari nilai KKM, sebanyak 8 orang (20%) yang sama dengan nilai KKM, dan tidak ada lagi siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan CTL dan VCT dapat meningkatkan berpikir nilai-nilai kemanusiaan siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SD Swasta Bharlind Medan Tuntungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.8 Sih p
Keywords: Kurikulum; Konstruktivismel; Nilai kemanusiaan; Contextual teaching learning; Value clarification technic; Ilmu pengetahuan sosial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 21 Apr 2016 03:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3786

Actions (login required)

View Item
View Item