Purwanti, Intan Helvi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AK DI SMK SWASTA MUHAMMADIYAH 04 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7133342056_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 7133342056_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
3. NIM. 7133342056_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
4. NIM. 7133342056_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM. 7133342056_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 7133342056_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 7133342056_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 7133342056_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 7133342056_BAB I.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
13. NIM. 7133342056_BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 7133342056_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII AK di SMK Swasta Muhammadiyah 04 Medan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Improve lebih tinggi dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XII AK di SMK Swasta Muhammadiyah 04 Medan T.P 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Muhammadiyah 04 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII AK SMK Swasta Muhammadiyah 04 Medan T.P 2017/2018 yang berjumlah 108 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol yang masing-masing berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 10 soal dan essay 5 soal yang dikutip penulis dari buku sehingga validitas dan reabilitasnya telah teruji. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas dan uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t. Dari hasil analisis data kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 40,909 dan 82,424. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 40,454 dan 70,757. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung =6,143 dan ttabel=1,998. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan thitung>ttabel yaitu 6,143>1,998. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa jika thitung>ttabel maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Improve lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan menggunakan Metode Pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XII AK di SMK Swasta Muhammadiyah 04 Medan T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 161 |
Keywords: | Model Pembelajaran Improve, Metode Pembelajaran Konvensional, dan Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 10:05 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37811 |