Pratama, Agung Adiska (2017) PENGARUH KPRIBADIAN, AKTUALISASI DIRI, DAN EKSPEKTASI PROFESI GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FE UNIMED. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133341022 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 7133341022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
3. NIM. 7133341022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
4. NIM. 7133341022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
5. NIM. 7133341022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 7133341022 TABLES.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
7. NIM. 7133341022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7133341022 GRAPHIC.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 7133341022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (563kB) | Preview
14. NIM. 7133341022 BIBLIOGRAPHYH.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) kepribadian terhadap aktualisasi diri, 2) kepribadian terhadap ekspektasi profesi guru 3) kepribadian terhadap minat menjadi guru,4) aktualisasi diri terhadap minat menjadi guru, dan 5) ekspektasi profesi guru terhadap minat menjadi guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan dengan jumlah 570 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional random sampling dan cluster sampling dengan jumlah sampel sebanyak 114 mahasiswa. Teknik pengumpulan data adalah angket (kuesioner) menggunakan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dengan hasil persamaan: X_2 = 0,336X1 + 0,5288ε1 ; X_3 = 0,370X1 + 0,608ε2 dan X_4= 0,995X1 + 0,307X2 + 0,212X3 + 0,554ε3. Uji hipotesis menunjukkan hasil koefisien jalur kepribadian terhadap aktualisasi diri sebesar 0,336 dengan nilai t sebesar 3,780 pada taraf signifikan α 0,000. Kepribadian terhadap ekspektasi profesi guru sebesar 0,370 dengan nilai t sebesar 4,219 pada taraf signifikan α 0,000. Kepribadian terhadap minat menjadi guru sebesar 0,995 dengan nilai t sebesar 3,389 pada taraf signifikan α 0,000. Aktualisasi diri terhadap minat menjadi guru sebesar 0,307 dengan nilai t sebesar 2,247 pada taraf signifikan α 0,005. Ekspektasi profesi guru terhadap minat menjadi guru sebesar 0,212 dengan nilai t sebesar 2,453 pada taraf signifikan α 0,001. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kepribadian terhadap aktualisasi diri, terdapat pengaruh kepribadian terhadap ekspektasi profesi guru, terdapat pengaruh kepribadian terhadap minat menjadi guru, terdapat pengaruh aktualisasi diri terhadap minat menjadi guru dan terdapat pengaruh ekspektasi profesi guru terhadap minat menjadi guru dapat diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 NIAGA 076 |
Keywords: | KEPRIBADIAN; ; EKSPEKTASI PROFESI GURU; MINAT MENJADI GURU |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 10:05 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 03:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37808 |