TAMPUBOLON, MONICA DANIELFI (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK NUSANTARA LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133342037_COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM. 7133342037_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
3. NIM. 7133342037_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
4. NIM. 7133342037_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
5. NIM. 7133342037_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
6. NIM. 7133342037_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM. 7133342037_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 7133342037_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
9. NIM. 7133342037_BAB I.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
13. NIM. 7133342037_BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM. 7133342037_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi kelas XI AK di SMK Nusantara Lubuk Pakam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching and learning lebih tinggi dibandingkan hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division siswa kelas XI AK di SMK Nusantara Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Nusantara Lubuk Pakam yang berlokasi di Jalan Tengku Raja Muda. dengan jumlah populasi 74 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan total sampling, yaitu kelas XI AK 1 sebanyak 37 orang terpilih sebagai kelas Eksperimen 1 dan kelas XI AK 2 sebanyak 37 orang sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 soal yang masing-masing terdiri dari 5 opsi yang dikutip penulis dari buku sehingga validitas dan reabilitasnya telah teruji. Teknik analisis data yaitu dengan cara menghitung nilai mean dan standar deviasi Dari analisis data eksperimen 1 nilai rata-rata pre-test 56,1 dan post-test 89,3 dengan standar deviasi 9,21 dan 6,36. Sedangkan pada kelas eksperimen 2 nilai rata-rata pre-test 58,2 dan post-test 80,9 dengan standar deviasi 11,8 dan 7,53. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung = 5,1826, dan ttabel = 1,674. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan thitung > ttabel = 1,674 yaitu 5,1826>1,674. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa thitung > ttabel dapat hipotesis diterimah. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih tinggi secara signifikan disbanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaraN Student Teams Achievement Division pada siswa kelas XI AK SMK Nusantara Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2017/2018 pada pokok bahasan Memproses dokumen dana kas di bank
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 163 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING, STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION, HASIL BELAJAR AKUNTANSI |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 10:05 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37807 |