Irmayanti, Desy (2017) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN GROUP RESUME UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 6 BINJAI TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133342054_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 7133342054_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
3. NIM. 7133342054_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. NIM. 7133342054_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 7133342054_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. NIM. 7133342054_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 7133342054_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 7133342054_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 7133342054_BAB I.pdf - Published Version
Download (565kB) | Preview
13. NIM. 7133342054_BAB V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
14. NIM. 7133342054_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Permasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas dan hasil belajar ekonomi akuntansi siswa”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan hasil belajar akuntansi melalui penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Group Resume siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 6 BinjaiTahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Binjai. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 6 Binjai Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 38 orang siswa. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas dimana terdapat dua siklus. Dan prosedur penelitian ini terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kreativitas belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kreativitas belajar siswa pada siklus I terdapat 10 orang (26,31%) siswa yang dinyatakan kreatif. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 33 orang siswa (86,84%) siswa yang dinyatakan kreatif dan sangat kreatif. Sehingga kreativitas belajar siswa meningkat 60,53% dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pada pretest sebelum diadakannya tindakan menunjukkan 18 orang siswa (47,36%) yang tuntas dengan nilai rata 66,63%. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 20 orang (52,63%) dengan nilai rata-rata 74,60% dan pada siklus ke II sebanyak 35 orang siswa mengalami ketuntasan belajar (92,10%) dengan nilai rata-rata 83,84%. Sehingga terjadinya peningkatan hasil belajar ekonomi akuntansi siswa dari siklus I sampai ke siklus II sebesar 9,24%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Group Resume dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar ekonomi akuntansi pada siswa kelas XII IPS 1 pada materi pokok Jurnal Khusus di SMA Negeri 6 Binjai Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 166 |
Keywords: | Problem Solving Dengan Group Resume, Kreativitas Dan Hasil Belajar Ekonomi AKuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 10:04 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37803 |