Napitupulu, Ruth Yohana (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN HEURISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7131141106 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM 7131141106 APPOVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (850kB) | Preview
3. NIM 7131141106 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
4. NIM 7131141106 PREFACE.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
5. NIM 7131141106 TABLE AND CONTENT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
6. NIM 7131141106 TABLES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
7. NIM 7131141106 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM 7131141106 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM 7131141106 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
13. NIM 7131141106 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
14. NIM 7131141106 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Heuristik yang lebih tinggi daripada hasil pembelajaran ekonomi yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 7 Medan T.P 2017/2018. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 7 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 7 Medan T.P 2017/2018 yang berjumlah 218 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama pengambilan sampel adalah mengambil dua kelas dari enam kelas dengan menggunakan purposive sampling yaitu kelas XI Ak 2 (35 orang) dan XI Ak 6 (37 orang). Untuk menjaga hilangnya anggota eksperimen maka setiap kelas hanya mengambil 30 orang dengan menggunakan random sampling. Jadi total sampel adalah 60 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dengan total pertanyaan 20 pertanyaan. Teknik analisis digunakan untuk menentukan mean, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Dari hasil analisis data, hasil rata-rata pre-test dan post test kelas eksperimen adalah 54,5 dan 75,1667. Sedangkan hasil rata-rata pre-test dan post test kelas kontrol adalah 59.167 dan 64.333. Hasil uji hipotesis dari post test adalah thitung = 3,7906 dan ttable = 2,0021. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan t_hitung>t_tabel (3,7906>1,6723). Dan dari kriteria uji hipotesis jika thitung> ttabel artinya hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Heuristik secara signifikan lebih tinggi daripada hasil pembelajaran ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan Metode Pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 7 Medan T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 137 |
Keywords: | STRATEGI PEMBELAJARAN HEURISTIK; METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL; DAN HASIL BELAJAR EKONOMI |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 10:04 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 04:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37801 |