PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN HEURISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2017/2018

Napitupulu, Ruth Yohana (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN HEURISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 7131141106 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7131141106 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7131141106 APPOVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7131141106 APPOVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (850kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7131141106 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7131141106 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7131141106 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7131141106 PREFACE.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7131141106 TABLE AND CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7131141106 TABLE AND CONTENT.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7131141106 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7131141106 TABLES.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7131141106 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7131141106 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7131141106 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7131141106 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7131141106 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7131141106 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7131141106 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7131141106 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7131141106 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7131141106 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Heuristik yang lebih tinggi daripada hasil pembelajaran ekonomi yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 7 Medan T.P 2017/2018. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 7 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 7 Medan T.P 2017/2018 yang berjumlah 218 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama pengambilan sampel adalah mengambil dua kelas dari enam kelas dengan menggunakan purposive sampling yaitu kelas XI Ak 2 (35 orang) dan XI Ak 6 (37 orang). Untuk menjaga hilangnya anggota eksperimen maka setiap kelas hanya mengambil 30 orang dengan menggunakan random sampling. Jadi total sampel adalah 60 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dengan total pertanyaan 20 pertanyaan. Teknik analisis digunakan untuk menentukan mean, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Dari hasil analisis data, hasil rata-rata pre-test dan post test kelas eksperimen adalah 54,5 dan 75,1667. Sedangkan hasil rata-rata pre-test dan post test kelas kontrol adalah 59.167 dan 64.333. Hasil uji hipotesis dari post test adalah thitung = 3,7906 dan ttable = 2,0021. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan t_hitung>t_tabel (3,7906>1,6723). Dan dari kriteria uji hipotesis jika thitung> ttabel artinya hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Heuristik secara signifikan lebih tinggi daripada hasil pembelajaran ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan Metode Pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 7 Medan T.P 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 EKO 137
Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN HEURISTIK; METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL; DAN HASIL BELAJAR EKONOMI
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 03 Feb 2020 10:04
Last Modified: 20 Feb 2020 04:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37801

Actions (login required)

View Item
View Item