SINAGA, DINDA SUSILAWATI (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133141017 COVER.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
2. NIM 7133141017 APPROVAL SHELT.pdf - Published Version
Download (676kB) | Preview
3. NIM 7133141017 FREFACE.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
4. NIM 7133141017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
5. NIM 7133141017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM 7133141017 TABLES.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
7. NIM 7133141017 ILUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
8. NIM 7133141017 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
9. NIM 7133141017 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (526kB) | Preview
13. NIM 7133141017 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
14. NIM 7133141017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya sumber belajar yang mengacu pada kurikulum 2013 dan siswa yang lebih mengandalkan tingkat hafalan dibanding dengan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari – hari. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui apakah Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ekonomi dapat memenuhi kriteria layak untuk digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 13 Medan yang beralamat di Jl. Brigjend Zein Hamid KM 7, Medan Johor, Sumatera Utara. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua orang dosen ahli, dua orang guru ekonomi, dan 30 orang siswa kelas X dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar adalah dengan menggunakan perhitungan Skala Likert, untuk mengetahui apakah data sampel yang digunakan terdistribusi dengan normal digunakan Uji Normalitas, untuk mengetahui analisis instrumen tes digunakan analisis validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran, sedangkan untuk melihat besarnya signifikansi hasil belajar siswa digunakan analisis uji hipotesis (uji t). Berdasarkan analisis angket BSNP yang dilakukan oleh dosen ahli dan guru bidang studi dengan menggunakan skala Likert diperoleh nilai kelayakan modul ekonomi masing-masing adalah 3,51 dan 3,58 atau setara dengan 87,75% dan 89,50%. Hasil uji normalitas dengan α = 0,05 sebesar 6,15 untuk pretset dan 7,60 untuk postes dengan X2tabel= 11,07, X2hitung < X2tabel. Hipotesis secara parsial digunakan uji pihak kanan dengan thitung sebesar 9,920 dan ttabel 1,699 dengan taraf signifikansi 10% maka thitung > ttabel (9,920 > 1,699) maka hipotesis diterima. Hasil belajar postest dan pretest masing- masing 28,0 dan 83,3 dengan KKM 70 disimpulkan bahwa bahan ajar dapat meningkatkan hasil belajar memenuhi KKM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 141 |
Keywords: | bahan ajar berbasis kontekstual; kelayakan BSNP; standarisasi; uji coba modul |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 10:03 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37791 |