PENGARUH DISIPLIN DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA PARULIAN 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Gustiawan, Aan (2017) PENGARUH DISIPLIN DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA PARULIAN 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7103341106 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7103341106 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7103341106 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7103341106 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7103341106 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7103341106 PREFACE.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7103341106 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7103341106 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7103341106 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7103341106 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7103341106 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7103341106 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7103341106 TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7103341106 TABLE.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7103341106 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7103341106 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 7103341106 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 7103341106 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7103341106 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7103341106 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah prestasi belajar ekonomi siswa yang belum memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Disiplin dan Lingkungan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Parulian 1 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 dengan mengambil populasi sebanyak 44 siswa, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 44 siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa melalui uji t (parsial) ada pengaruh yang positif yang signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan perhitungan thitung = 6,287 > ttabel = 1,680 dengan nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05. Dan ada pengaruh positif yang signifikan antara Lingkungan belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan perhitungan thitung = 2,949 < ttabel = 1,680 dengan nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05. Serta ada pengaruh positif yang signifikan antara Disiplin Belajar dan Lingkungan belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi melalui uji F (simultan) dengan perhitungan membandingkan Fhitung = 24,934 > Ftabel = 4,062 dengan nilai signifikansi 0.000 ≤ 0.05. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah secara uji t (parsial) disiplin belajar berpengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Dan Lingkungan belajar siswa berpengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Secara uji F (simultan) Disiplin Belajar dan Lingkungan belajar siswa berpengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 EKO 146
Keywords: penggunaan gadget, minat belajar, prestasi belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 03 Feb 2020 10:02
Last Modified: 21 Feb 2020 01:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37782

Actions (login required)

View Item
View Item