HARAHAP, PUTRI MARDHIYAH (2017) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IIS MAS MUHAMMADIYAH 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
01. NIM 7131141095 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
02. NIM 7131141095 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (645kB) | Preview
03. NIM 7131141095 ACNOWLEDGMENT.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
04. NIM 7131141095 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
05. NIM 7131141095 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
06. NIM 7131141095 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
07. NIM 7131141095 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
08. NIM 7131141095 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
09. NIM 7131141095 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
13. NIM 7131141095 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
14. NIM 7131141095 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini “rendahnya prestasi belajar ekonomi” kelas XI IIS MAS Muhammadiyah 1 Medan T.P 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kepercayaan diri berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi kelas XI IIS MAS Muhammadiyah 1 Medan T.P 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IIS yang berjumlah 91 siswa dan sampel berjumlah 82 siswa yang diambil dengan simple random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan dokumentasi dan penyebaran angket. Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbanch. Berdasarkan hasil analisis diperoleh persamaan regresi linier berganda yaitu Y= 31,49 + 0,311X1+ 0,299X2 + e. dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,481, yang menjelaskan bahwa kecerdasan emosional (X1) dan kepercayaan diri (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa (Y) sebesar 48,1%. Sedangkan sisanya sebesar 51,9% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh t_hitung > t_tabel yang berarti secara parsial kecerdasan emosional (X1) dan kepercayaan diri (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Kemudian dari uji F diperoleh F_hitung > F_tabel yang menjelaskan bahwa secara simultan kecerdasan emosional (X1) dan kepercayaan diri (X2) berpengaruh terhadap prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 147 |
Keywords: | KECERDASAN EMOSIONAL; KEPERCAYAAN DIRI; DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 10:01 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37774 |