simanjuntak, Trisna fanny elizabeth (2017) Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Pendekatan Student Center Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi Kelas XII – AK SMK Negeri 1 Jorlanghataran. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133142040_COVER.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
2. NIM. 7133142040_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
3. NIM. 7133142040_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
4. NIM. 7133142040_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 7133142040_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM. 7133142040_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7. NIM. 7133142040_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 7133142040_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 7133142040_BAB I.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
14. NIM. 7133142040_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas XII AK di SMK N 1 Jorlanghataran”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan pendekatan Student Center Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XII AK SMK N 1 Jorlanghataran. Penelitian dilaksanakan di SMK N 1 Jorlanghataran, Kabupaten Simalungun, subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII AK berjumlah 30 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata – rata pre test sebelum diadakan tindakan pada siklus I adalah 41 dimana tidak ada siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar. Setelah diadakan tindakan siklus I nilai rata – rata 69,33 dengan 26,67% siswa telah mencapai standar ketuntasan belajar. Dan setelah diadakan siklus II nilai rata – rata mengalami peningkatan menjadi rata rata 77,33 dengan 80% siswa yang tuntas. Untuk motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan, baik motivasi Intrinsik, melalui penyebaran angket motivasi yaitu pada siklus I dengan rata – rata 56,1, menjadi 64,37 pada siklus II. Dan motivasi ekstrinsik pada siklus I dengan rata – rata 65,33 menjadi 83,75 pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran creative problem solving dengan pendekatan student center learning di kelas XII AK SMK N 1 Jorlanghataran membuktikan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 176 |
Keywords: | Motivasi, Hasil Belajar, Creative Problem Solving |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 10:00 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37770 |