HARAHAP, DERLIANI (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK KI HAJAR DEWANTARA T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133342016_COVER.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
2. NIM. 7133342016_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN..pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
3. NIM. 7133342016_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
4. NIM. 7133342016_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5. NIM. 7133342016_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
6. NIM. 7133342016_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
8. NIM. 7133342016_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM. 7133342016_BAB I BENAR.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
13. NIM. 7133342016_BAB V BENAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
14. NIM. 7133342016_DAFTAR PUSTAKA BENAR.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Ki Hajar Dewantara T.P 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran generatif lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional siswa kelas XI AK SMK Ki Hajar Dewantara
Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Ki Hajar Dewantara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AK SMK Ki Hajar Dewantara yang berjumlah 70 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data
untuk mengukur hasil belajar menggunakan tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang dijadikan sebagai acuan dalam membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan di peroleh data hasil belajar untuk kelas eksperimen yaitu nilai rata-rata pretest adalah 66,167 dengan standar deviasi 14,83 dan rata-rata postest adalah 80,33 dengan standar deviasi 7,8. Sedangkan data hasil belajar yang diperoleh untuk kelas kontrol yaitu nilai ratarata pretest adalah 53 dengan standar deviasi 15 dan rata-rata postest adalah 64,83 dengan standar deviasi 10,38. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung >
ttabel yaitu 7,25 > 2,00 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dengan demikian hipotesis penelitian diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Generatif terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMKSwasta Kihajar Dewantara Kotapinang Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 177 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF;HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 10:00 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 03:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37769 |