Nababan, Fransiska N. (2017) PENERAPAN QUANTUM TEACHING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 1 LINTONGNIHUTA T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133142019_COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 7133142019. LEMBAR PERSETUJUAN-4.pdf - Published Version
Download (972kB) | Preview
3. NIM. 7133142019_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
4. NIM. 7133142019_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. NIM. 7133142019_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
6. NIM. 7133142019_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7. NIM. 7133142019_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
8. NIM. 7133142019_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
9. NIM. 7133142019_BAB I.pdf - Published Version
Download (589kB) | Preview
13. NIM. 7133142019_BAB V.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
14. NIM. 7133142019_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar akuntansi siswa sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII IPS-1 SMAN 1 Lintongnihuta Tahun Pembelajaran 2017/2018 melalui penerapan model Quantum Teaching dengan Pendekatan Saintifik. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Lintongnihuta Tahun Pembelajaran 2017/2018 dengan subjek yaitu siswa kelas XII IPS 1 yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengamati sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi dan penyajian data . Dari tes yang telah dilakukan pada siklus I terdapat 19 orang (52,8%) siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 72,50. Sedangkan, dari hasil post-test pada siklus II, diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan jumlah siswa yang tuntas yaitu menjadi 31 siswa (86,11%) dengan nilai rata-rata 83,61 dan ketuntasan klasikal sebesar 85% telah terpenuhi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Quantum Teaching dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Lintongnihuta T.P 2017/2018 pada pokok bahasan Jurnal Umum.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 180 |
Keywords: | MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK, HASIL BELAJAR |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 10:00 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 07:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37761 |