AMINI, FACHRUNISA (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DENGAN PENDEKATAN BERBASIS ANEKA SUMBER (RESOURCE BASED LEARNING) DI SMK TAMAN SISWA MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.7133342039_COVER.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
2. NIM.7133342039_LEMBAR PENGESAHANA.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
3. NIM.7133342039_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM.7133342039_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM.7133342039_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
6. NIM.7133342039_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
7. NIM.7133342039_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
8. NIM.7133342039_BAB I.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
12. NIM.7133342039_BAB V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
13. NIM.7133342039_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajara kuntansi siswa kelas X AK SMK Taman Siswa Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar akuntansi jika diterapkan model pembelajaran ARIAS dengan pendekatan Berbasis Aneka Sumber (Resource Based Learning )siswa kelas X AK SMK Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Taman Siswa Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AK yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan menggunakantes. Teknikanalisis data adalah dengan data kuantitatif. Dari data hasil tes yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 19 orang dari 30 orang yang mendapat nilai≥75 atau sebesar (63,3%), dan 11 siswa mendapat nilai ≤75 atau sebesar (36,7%), dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 81,1. Padasiklus II siswa yang memperoleh nilai≥75 sebanyak 26 orang (86,7%) dan siswa yang memperoleh nilai ≤75 sebanyak 4 siswa (13,3%) dengannilai rata-rata 86,5. Karena hasil belajar akutansi siswa pada siklus II sudah mencapai indicator keberhasilan, maka penelitian tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran ARIAS dengan Pendekatan Berbasis Aneka Sumber (Resource Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK pada Standar Kompetensi Mengerjakan Persamaan Dasar Akuntansi di SMK Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 190 |
Keywords: | ARIAS, Pendekatan Berbasis Aneka Sumber (Resource Based Learning), dan Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:57 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 08:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37730 |